Mesjid Jamik Airtiris Miliki Batu Kepala Kerbau yang Bisa Bergerak Sendiri

626 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Masyarakat Riau banyak yang telah mengenali Mesjid Jamik Airtiris, karena mesjid ini merupakan salah satu mesjid tertua di Riau. Namun tidak banyak yang tahu bahwa di mesjid tersebut terdapat sebuah batu berbentuk kepala kerbau yang diyakini bisa berpindah tempat sendiri. 

Ketika wartawan RiauInfo mengunjungi mesjid tersebut Minggu (11/3), sejumlah masyarakat di sekitarnya mempercayai kegaiban batu berbentuk kepala kerbau itu. Batu itu sendiri berada di dasar salah satu kolam tempat wudhu di mesjid tersebut.

Menurut masyarakat setempat, posisi batu tersebut di dalam kolam selalu saja berubah-ubah. Kadang bagian muncungnya mengarah ke barat, kadang ke arah selatan, dan besoknya berpindah lagi ke arah timur.

Kondisi ini sampai sekarang masih jadi misteri bagi masyarakat setempat, karena perpindahan posisi batu tersebut bukan disebabkan adanya orang iseng yang sengaja memindah-mindahkan arah baru kepala kerbau tersebut.

Karena kondisi ini masih menjadi misteri, masyarakat setempat hanya menganggapnya bahwa hal itu merupakan kekuasaan Allah, dan akan menjadi salah satu keajaiban yang dimiliki mesjid tersebut. “Semua orang disini mempercayai batu kepala kerbau ini memiliki kekuatan magic,” ungkap Amir, salah seorang warga Airtiris.

Mungkin karena dipercaya punya kekuatan magic, selama ini air tempat batu tersebut berendam selalu diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. “Hampir setiap hari orang datang ke sini untuk mandi dalam upaya menyembuhkan penyakitnya,” ungkap dia lagi.

Orang yang datang ke mesjid Jamik itu tidak hanya masyarakat Airtiris saja, tapi juga datang dari berbagai daerah, seperti dari Siak, Pelalawan, Pekanbaru, bahkan ada juga yang datang dari Jakarta dan MAlaysia.(Ad)

Posting Terkait