Menteri Negara PDT Kunjungi MelayuOnline.com

YOGYAKARTA (RiauInfo) – Tanpa ada protokoler resmi layaknya seorang pejabat tinggi negara, Jum‘at (25/01) pukul 18.33 Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Ir. H. Muhammad Lukman Edy, M.Si., beserta rombongan dari Kementerian Negara PDT berkunjung ke Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu (BKPBM), lembaga induk MelayuOnline.com.

Begitu tiba di kantor BKPBM dan MelayuOnline.com, Menteri Negara PDT didampingi Pemangku Balai yang sekaligus Pimpinan Umum MelayuOnline.com, Mahyudin Al Mudra, SH. MM., melihat-lihat beragam koleksi BKPBM dan proses penulisan artikel-artikel di MelayuOnline.com. Setelah sekitar 45 menit berkeliling, Menteri Negara PDT beserta rombongan berdialog dengan kru MelayuOnline.com di ruang pertemuan. Dengan suguhan apa adanya seperti singkong, kacang rebus, dan jagung rebus, dialog berjalan akrab dan penuh canda tawa.

Sambil menikmati makanan tradisional itu, Menteri Negara PDT dan rombongan mendapat penjelasan singkat dari Mahyudin tentang menu yang ada di MelayuOnline.com. ”MelayuOnline.com menyediakan informasi dan hal ihwal tentang dunia Melayu, baik yang ingin mengetahui Melayu dan Kemelayuan secara ringkas-sepintas ataupun serius-mendalam”, kata Mahyudin mengakhiri penjelasannya.

Selanjutnya, dalam kata sambutannya, Menteri Negara PDT mengungkapkan bahwa kerja BKPBM dan MelayuOnline.com dalam mengkaji dan meng-online-kan budaya Melayu merupakan kerja yang luar biasa. ”Apa yang dilakukan oleh BKPBM dan MelayuOnline.com merupakan sesuatu yang luar biasa. Di sini Melayu tidak hanya dikaji dalam ranah kenampakan permukaan tetapi juga kenampakan isi. Oleh karena itu, siapapun yang ingin mengetahui dunia Melayu dan kemelayuan tidak perlu lagi bersusah payah, cukup dengan membuka MelayuOnline.com.” Kata Menteri Negara PDT.

Menurut Menteri Negara termuda dalam Kabinet Indonesia Bersatu ini, apa yang dilakukan oleh BKPBM dan MelayuOnline.com, yaitu melestarikan budaya Melayu merupakan usaha yang sangat luar biasa dan sudah sewajarnya mendapatkan apresiasi dari masyarakat dunia. ”Jika saya mempunyai wewenang untuk memberi penghargaan kepada abang Mahyudin Al Mudra sebagai tokoh kebudayaan, maka pasti saya akan lakukan”, ungkapnya serius.

Lebih lanjut, Menteri yang lahir di Indragiri Hilir, Riau ini mengungkapkan bahwa ia sebagai Putra Jati Melayu sangat bangga terhadap keberadaan pangkalan data Melayu ini dan siap untuk membantu BKPBM dan MelayuOnline.com merealisasikan cita-citanya membangun peradaban Melayu yang bermartabat.

”Begitu banyak pengetahuan dan informasi tentang Melayu dan Kemelayuan yang disajikan dalam portal ini, yang dapat menjadi masukan bagi kementerian kami dalam membuat program PDT, oleh karena itu saya berjanji kepada diri saya sendiri untuk membuka MelayuOnline.com setiap hari, dan siap membantu dalam bentuk apapun,” ungkapnya yang disambut tepuk tangan para redaktur.

Melanjutkan pembicaraan Bapak Menteri, Sekretaris Kementerian Negara PDT Ir. Rachmat Tatang Bachrudin mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh MelayuOnline.com baik langsung atau tidak langsung telah ikut serta mendukung program-program Kementerian Negara PDT. Oleh karena itu, menurut Rachmat, terbuka kesempatan yang sangat luas untuk membangun kerjasama antara PDT dan MelayuOnline.com khususnya dalam penguatan local wisdom sebagai basis pembangunan masyarakat. ”Dengan seijin Bapak Menteri, Kementerian PDT akan memasang iklan di MelayuOnline.com,” ungkap Rachmat.

Setelah bercengkerama selama hampir dua jam setengah, pada pukul 21.05, Bapak Menteri beserta rombongan berpamitan kepada Mahyudin dan seluruh kru MelayuOnline.com karena harus menghadiri acara lain pada malam itu. Di akhir silaturrahmi itu, Mahyudin menyerahkan cendera hati berupa buku terbitan BKPBM yang berjudul “Masyarakat Melayu dan Budaya Melayu dalam Perubahan” setebal 964 halaman.(ad/rls).

 

Rizki: