Mentalitas Masyarakat Tentukan Keberhasilan Pembangunan

PEKANBARU (RiauInfo) – Wakil Bupati Bengkalis, H Normansyah Abdul Wahab, Selasa (11/3) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kecamatan Merbau. Dalam kunker tersebut, wakil bupati mengadakan acara silaturahmi dengan masyarakat kecamatan Merbau.

Acara yang dihadiri sekitar 800 warga itu, dilaksanakan di halaman kantor camat Merbau di Kelurahan Teluk Belitung. Pada kesempatan itu, Wakil Bupati mengingatkan, disamping pembangunan fisik, seperti jalan, gedung dan sebagainya, hal yang tidak kalah penting adalah pembangunan diri atau mentalitas sumberdaya manusia (SDM). Keduanya, harus berjalan seiring.

“Pembangunan fisik yang dilakukan, tidak akan memberikan manfaat yang maksimal tanpa diikuti kesiapan mentalitas masyarakat. Karena itulah, selain peningkatkan perekonomian masyarakat dan infrastruktur, Pemkab Bengkalis menjadikan pembangunan SDM sebagai salah satu prioritas,” jelas Norman .

Ditambahnya, dalam melaksanakan pembangunan, selain partisipasi, pemahaman masyarakat yang betul tentang makna pembangunan itu, juga sangat diperlukan. Sebab, katanya, tidak tertutup kemungkinan munculnya berbagai permasalahan dalam pelaksanaan pembangunan disebabkan karena pemahaman masyarakat tentang makna pembangunan itu belum sebagaimana diharapkan.

“Berhasil tidaknya pembangunan, bukan hanya ditentukan dan menjadi tanggungjawab pemerintah, tetapi juga menjadi tanggungjawab seluruh lapisan masyarakat,” imbuh Norman seraya mengingatkan bahwa membangun itu tidak semuda membalikkan telapak tangan.

Sementara itu, dalam sambutan dalam acara yang juga dihadiri kepala desa/kelurahan se-Kecamatan Merbau itu, Camat Arjunaidi menyampaikan sejumlah arpirasi masyarakat tentang berbagai program pembangunan agar dapat direalisasikan dalam APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2009.

“Semua aspirasi masyarakat itu sudah disampaikan dan dibahas dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Bengkalis. Karena itu, atas nama seluruh masyarakat Merbau, kami berharap hal itu dapat disetujui,” harap Arjunadi kepada Wakil Bupati Bengkalis. Harapan serupa juga disampaikan tokoh masyarakat Merbau, A Gaffar Abdullah.

Aspirasi masyarakat itu, tambah Arjunaidi juga menjadi skala prioritas pembangunan di Kecamatan Merbau. Khususnya di bidang pembangunan inrastruktur, peningkatan kualitas sumberdaya manusia serta kesehatan.

Sebagai upaya untuk membuka keterisoliran serta untuk memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat, pembangunan infrastrukur yang diharapkan masyarakat Merbau itu, diantaranya pembangunan jalan poros Teluk Belitung-Tanjung Padang.

“Serta pembangunan jembatan di Desa Selat Akar. Kemudian, pembangunan jalan poros Barang Melintang-Kuala Merbau, Centai-Semukut dan jalan Semukut-Kuala Merbau. Selain itu, pembangunan Ro-Ro penyeberangan di Semukut, Meranti Bunting dan Tanjung Padang. Serta peningkatan jalan di kota Teluk Belitung agar juga dapat di hotmix seperti di Bengkalis, Selatpanjang dan Duri,” tambah mantan Sekcam Rupat ini.

Selanjutnya, untuk mempercepat peningkatan kualitas SDM, Arjunaidi berharap agar dapat dibangun SMA di Desa Meranti Bunting. “Kalau SLTP sudah ada 4, yaitu 2 SMP Negeri dan 2 Madrasyah Tsanawiyah (MTs). Karena itu, agar pembangunan SDM di kecamatan ini tidak tertinggal dari kecamatan lain, masyarakat sangat mengharapkan pada tahun 2009 pembangunan SMA itu sudah dapat direalisasikan,” pintanya.

Tak hanya itu, Arjunaidi juga sangat berharap agar pada tahun 2009, di Pulau Merbau dapat dibangun Puskesmas induk. “Sekitar 17.000 jiwa masyarakat di 7 desa di pulau itu sangat mendambakan keberadaan Puskesmas tersebut,: ujarnya seraya mengatakan. ketujuh desa itu adalah, Kuala Merbau, Tanjung Bunga, Centai, Teluk Ketapang, Semukut, Barang Melintang, dan Renak Dungun.

Terhadap aspirasi masyarakat yang disampaikan Arjunaidi itu, Wakil Bupati berjanji akan membantu memperjuangkannnya. “Insya Allah, saya akan bantu memperjuangkannya agar dapat dianggarkan dalam APBD Bengkalis 2009. Namun demikian masyarakat juga diharapkan dapat melakukan hal serupa. Misalnya melalui anggota DPRD Bengkalis asal pemilihan Merbau,” ujar Norman .

Selain beberapa orang kepada dinas, sejumlah anggota DPRD Bengkalis dari Fraksi Partai Golkar juga turut mendampingi Norman ke Merbau. Diantaranya, Marasutan Hutasuhut dan Iskandar Budiman, serta Sekretaris DPD Partai Golkar Bengkalis, Syamsurizal.(ad/rls)


Rizki: