Menpora: PON di Riau Harus Sukses

633 views

news9388JAKARTA (RiauInfo) – Menpora Adhyaksa Dault mem-back up secara total penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII tahun 2012 di Provinsi Riau. Menpora juga menegaskan bahwa semua stake holder di tingkat pusat harus mendukung suksesnya penyelenggaraan PON di Bumi Lancang Kuning.

“Pusat harus mendukung penuh penyelenggaraan PON di Riau. Walaupun kata orang Riau kaya, bukan berarti pusat harus lepas tangan. Pusat harus membantu dan mem-back up secara penuh,” tegas Menpora saat menerima Gubernur Riau (Gubri) HM Rusli Zainal SE MP di Kantor Menegpora, Jakarta, Kamis (7/5).

Gubri bersama beberapa pejabat terkait di Riau, seperti Kadispora Lukman Abas, Kepala Bappeda Emrizal Pakis dan Kadis Kimpraswil Firdaus sengaja melaporkan kepada Menpora soal kesiapan Riau menjadi tuan rumah PON XVIII tahun 2012 mendatang.

Dalam paparannya, Gubri menjelaskan bahwa hingga kini kesiapan Riau sebagai tuan rumah sudah 80 persen. “Tinggal 20 persen, seperti pembangunan main stadion (stadion utama). Makanya, kami sangat berharap dukungan dari pemerintah pusat, terutama dari Menpora,” harap Gubri.

Menanggapi hal itu, Menpora Adhyaksa langsung menyatakan bahwa pihaknya sangat mendukung dan siap menyukseskan. Bahkan Menpora langsung membuat inisiatif untuk mempertemukan Pemprov Riau dengan menteri-menteri terkait lainnya, seperti Mendagri, Menpan, Menpera, Menteri PU dan Menko Kesra agar Riau mendapat dukungan dana.

Menpora di hadapan rombongan Gubri langsung menelepon dan mengundang menteri-menteri tersebut untuk melakukan pertemuan pada minggu depan guna membahas soal kesiapan Riau sebagai tuan rumah. “Jadi nanti dalam pertemuan tersebut Pak Gubernur mengekspos kesiapan Riau. Biar nanti setelah itu kita sama-sama mendukung dan mencarikan solusinya,” tegas menteri asal PKS itu.

Menpora juga menegaskan, sekalipun di masa mendatang bukan dirinya lagi menjabat sebagai Menpora, namun sejak awal dirinya siap menyukseskan pelaksaan PON di Bumi Lancang Kuning. “Harus kita sepakati sejak awal, sehingga nanti siapapun yang jadi menteri harus tunduk dengan kesepakatan itu. Pokoknya kita siap dukung dan mensukseskan,” tegas mantan Ketua Umum KNPI itu lagi.

Sebelumnya, Gubri juga sudah melakukan pertemuan dengan Mendiknas agar mendapat dukungan dana. Mendiknas juga sudah menyatakan kesiapannya. Sebab, mayoritas venue yang dibangun berada di lingkungan kampus atau 4 perguruan tinggi di Riau. sehingga nanti usai pelaksanaan PON, venue-venue tersebut bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa.
Dalam pertemuan itu, Menpora juga didampingi oleh Sesmen dan beberapa deputi.(ad)

Posting Terkait