Menpora Optimis PON Riau Punya Peluang Ekonomi Besar

496 views
JAKARTA (RiauInfo) – Deputi II Bidang Pemberdayaan Olahraga Kemenpora, James Tangkudung merasa sayang optimis bahwa Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII yang akan digelar di Riau tahun 2012 mendatang akan membuka peluang ekonomi besar bagi masyarakat Riau.

Hal itu dikatakannya saat membuka Seminar Nasional bertema “Menangkap Peluang Ekonomi Dibalik Penyelenggaraan Event Olahraga” yang digelar Bidang Penyiaran dan Pelayanan media PB PON Riau, Jumat (19/8) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. Hadir dalam seminar ini Ketua Umum KONI Pusat Rita Subowo, Gubernur Riau HM Rusli Zainal dan sejumlah pengurus teras PB PON Riau.

James Tangkudung yang dalam kesempatan ini mewakili Menpora Andi Malaranggeng mengatakan bahwa sejarah telah membuktikan bahwa event olahraga ini bisa membuka peluang ekonomi bagi pihak penyelenggaranya. Karena itu saat ini banyak daerah di Indonesia ingin menjadi tuan rumah penyelenggara event olahraga nasional seperti PON ini.

Dia mencontohkannya, di zaman Presiden Soekarno dulu, pelaksanaan Asian Games yang digelar di Indonesia telah memberikan manfaat positif bagi pembangunan di negeri ini. “Berkat Asian Games itu berdirilah Hotel Indonesia, jalan-jalan protokol, jalan bypass, dan stadion Gelora Senayan,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, James Tangkudung yakin PON yang akan dilaksanakan di Riau ini nantinya akan membuka peluang besar bagi perekonomian daerah ini. “Bahkan peluang ekonominya juga akan sangat dirasakan oleh masyarakat Riau secara keseluruhannya,” jelas dia.

Sementara itu, Gubernur Riau HM Rusli Zainal dalam kesempatan yang sama mengatakan, pihaknya memang berharap pelaksanaan PON di Riau tidak hanya sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi saja, tapi juga sukses dalam mengangkat perekonomian masyarakat Riau.

Dia menyebutkan, saat ini persiapan yang dilakukan Riau untuk melaksanakan PON XVIII ini sudah 80 persen. Persiapan itu diantaranya membangun venue-venue untuk pertandingan cabang olahraga dan pembangunan berbagai fasilitas penunjangnya. “Sampai saat ini persiapannya terus dilakukan,” ungkapnya.

Rusli juga menyebutkan untuk memnghadapi PON ini, selama tahun 2011 Riau akan menyelenggarakan 11 kejurnas, Pekan Olahraga Pelajar nasional (POPNAS) dan Porcanas. Semua ini akan menjadi ujicoba bagi Riau untuk menyelenggarakan PON tahun 2012 mendatang.

Selain PON, Riau juga akan menjadi tuan rumah event olahraga yang lebih besar lagi yakni Islamic Solidarity Games (ISG) yang akan digelar tahun 2013 mendatang. “Kita berharap baik PON maupun ISG akan terlaksanakan dengan baik dan lancar,” tambahnya.(zas)

 

Posting Terkait