Menjelang Idul Adha, Kesehatan Hewan Kurban Harus Diperhatikan

662 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Hari Raya Idul Adha tinggal sekitar sebulan lagi. Menjelang hari tersebut sudah pasti banyak umat Islam mempersiapkan hewan ternak untuk dijadikan kurban. Hewan ternak yang dipersiapkan itu tentunya harus sehat dan sempurna. 

Sehubungan hal itu Dinas Peternakan Pekanbaru menghimbau masyarakat untuk memperhatikan kesehatan hewan yang akan dikurbannya, terutama terhadap penyakit kaki mulut. Sebab penyakit kaki dan mulut tersebut masih saja diindap oleh sebagian hewan ternak.

“Kalau dilihat sepintas hewan yang diperdagangkan memang terlihat sehat-sehat saja. Tapi kalau diperiksa secara seksama oleh para ahlinya, bisa saja hewan tersebut terjangkit penyakit kaki dan kuku,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Pekanbaru Sentor Djoko Prayitno di Pekanbaru.

Terkait hal itu, dia minta masyarakat untuk berhati-hati dalam membeli hewan ternak untuk keperluan kurban. Setiap membeli hewan kurban ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya tidak mengeluarkan lendir dari mulutnya dan kakinya tidak luka.

Dia mengatakan menjelang Idul Adha ini pihaknya memang selalu bekerja keras untuk memperiksa hewan-hewan ternak yang akan digunakan untuk keperluan kurban. “Ini perlu kami lakukan agar masyarakat jangan sampai salah membeli hewan kurban,” ujarnya.(ad)

Posting Terkait