MENGAMUK HINGGA 2 METER… Gelombang Pasang Hantui Perairan Riau

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru memperingatkan pelayaran untuk mewaspadai gelombang tinggi di perairan Riau, Rabu (10/12) ini. BMG Pekanbaru mencatat gelombang mecapai 1 hingga 2 meter di sejumlah peraiaran Riau hari ini.

Kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, ketinggian gelombang mencapai 2 meter tersebut terjadi di wilayah perairan Selat Panjang, Kabupaten Lingga dan Bengkalis.

Gelombang juga meninggi mencapai 0,75 hingga 1,25 meter di wilayah periaran Selat Melaka yang berhubungan langsung dengan periaran Riau tersebut. BMG menegaskan pelayaran mesti mewaspadai jalur di perairan Bengkalis, Selat Panjang dan Kabupaten Lingga.

BMG masih mendapatkan pengaruh cuaca buruk dan pusaran angin kencang menjadi penyebab utama gelombnag tingi di sejumlah perairan Riau hari ini. BMG menilai keadaan itu sering terjadi pada rentang waktu musim hujan terutama antara November hingga Desembar setiap tahunnya.[b](Surya)[b]

Rizki: