MelayuOnline.com dan Dewan Bahasa dan Pustaka Brunei Bangun Misi Bersama

603 views

YOGYAKARTA (RiauInfo) – Niat Brunei Darussalam menjadi pusat sejarah budaya Melayu Borneo begitu serius. Berbagai aktivitas dalam rangka pemeliharaan dan pengembangan sejarah dan budaya Melayu terus diadakan secara berkesinambungan.

Seolah berpacu dengan waktu, beberapa instansi negeri, terutama yang bergerak di bidang pemeliharaan dan pengembangan budaya Melayu tidak henti-hentinya menyelenggarakan kegiatan untuk mendukung tujuan tersebut.

Tak terkecuali Dewan Bahasa dan Pustaka (DBP) Brunei. Lembaga Kerajaan (Pemerintah) yang bertanggungjawab dalam pembinaan dan pengembangaan bahasa dan sastra, penelitian dan dokumentasi kebudayaan, pengembangan perpustakaan, dan penerbitan buku-buku ini telah mengagendakan banyak kegiatan untuk mendukung misinya. Oleh karena itu, ketika kru MelayuOnline.com datang melawat ke kantor pusat DBP, pada Senin siang (25/02/2008), sambutan para pejabat lembaga ini begitu hangat, karena MelayuOnline.com, dalam beberapa hal, memiliki tujuan yang sama dengan DBP.

Pukul 13.50 waktu setempat, kru MelayuOnline.com tiba di kantor DBP. Tampak di sekitar gedung DBP slogan-slogan yang mengajak semua pihak menjaga kelestarian Bahasa Melayu, seperti “Mengutamakan Bahasa Melayu Berarti Mendukung Kedaulatan Negara”.

Di lembaga inilah Bahasa Melayu dipantau dan disesuaikan dengan perkembangan zaman supaya tetap menjadi bahasa nasional yang memadai sebagai sarana transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi modern.

Ketika memasuki ruang pertemuan di lantai 4, rombongan MelayuOnline.com disambut oleh Yang Mulia Dr. Awang Mataim bin Bakar (Pengarah/Direktur Dewan Bahasa dan Pustaka Brunei) dan ketua-ketua bagian. Ini merupakan kehormatan luar biasa telah disambut dan ditemui langsung oleh pejabat-pejabat penting DBP.

Sekaligus, menjadi penyemangat para kru karena eksistensi MelayuOnline.com diapresiasi oleh puak-puak Melayu di Brunei Darussalam. Lawatan kerja kru MelayuOnline.com ke DBP menghasilkan kesepakatan-kesepakatan positif.

Di antaranya adalah pertukaran (sharing) data. Sementara itu, untuk kerjasama-kersajama lain seperti, pertukaran kepakaran, penelitian bersama dan lain-lain akan dibahas secara rinci dalam waktu dekat dalam MoU.

Hadir dalam pertemuan itu di antaranya adalah Dr. Awang Mataim bin Bakar (Pengarah DBP), Dayang Aminah binti Haji Momin (Timbalan Pengarah/Wakil Ketua DBP), Awang Hatnan bin Haji Buang (Ketua Bahagian Penyelidikan dan Dokumentasi), Awang Abdul Malek bin Haji Metarsat (Ketua Seni Lukis dan Reka Bentuk dan Seni Foto), Dayang Hajah Badariah (Ketua Unit Perancangan dan Penyelidikan Buku), dan Awang Haji Talip (Ketua Unit Katalog dan Perolehan), serta banyak lagi ketua-ketua unit lainnya.

Pembicaraan diawali dengan pemaparan orientasi masing-masing instansi. Dari DBP diwakili oleh Dr. Awang Mataim bin Bakar dan Dayang Aminah binti Haji Momin. Sementara dari MelayuOnline.com diwakili oleh Mahyudin Al Mudra, SH., MM. (Pimpinan Umum MelayuOnline.com) dan M. Nursaid Ali Rido, MA (Pemimpin Redaksi MelayuOnline.com)

“Kedua instansi ini sudah sepatutnya melakukan kerjasama-kerjasama kongkrit dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan bahasa Melayu, baik melalui penyelidikan (penelitian) maupun seminar-seminar yang dilakukan secara bersama-sama. Oleh sebab itu, masing-masing pihak sebaiknya menyiapkan draft Memorandum of Understanding (MoU) untuk kemudian disepakati dan ditandatangani bersama,” ungkap Dr. Awang Mataim bin Bakar

Tentu saja pernyataan Dr. Awang Mataim bin Bakar disambut baik oleh Mahyudin, karena lawatan kerja pertama ini memang bertujuan untuk membangun kerjasama dalam berbagai bidang dengan DBP. Mahyudin secara terbuka mengundang para pejabat DBP untuk datang ke Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu (BKPBM), instansi induk MelayuOnline.com untuk membahas lebih lanjut kerjasama ini dan sekaligus penandatanganan MoU.

Bahkan, Dr. Awang Mataim bin Bakar mengusulkan supaya MoU tidak hanya dibuat antara MelayuOnline.com dengan Dewan Bahasa dan Pustaka tetapi dengan Kementerian Kebudayaan, Belia dan Sukan supaya secara otomatis mencakup kerjasama dengan lembaga-lembaga yang dibawahi oleh departemen tersebut, seperti: Dewan Bahasa dan Pustaka, Pusat Sejarah Brunei, dan Muzium Brunei Darussalam.

Kerjasama MelayuOnline.com dengan beberapa instansi di Brunei merupakan upaya yang positif bagi masa depan tamadun (peradaban) Melayu, karena dengan bekerjasama maka cita-cita membangun kembali tamadun Melayu yang bermartabat di era modern ini akan semakin mudah direalisasikan.

Mahyudin mengajak semua puak-puak Melayu di Nusantara berbenah diri, bersatu di bawah payung kebudayaan meskipun secara politik telah terkotak-kotak oleh batas-batas geografis negara. Sudah saatnya puak-puak Melayu bersatu secara budaya, bekerjasama membangun tamadun Melayu di bumi Nusantara dan menjadikan Nusantara sebagai pusat studi, kajian, dan informasi tentang hal ihwal Melayu dan kemelayuan di dunia.(ak/rls)

 

Posting Terkait