MELALUI PROGRAM LBD Chevron Bina Koperasi dan Usaha Kecil

PEKANBARU (RiauInfo) – PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) kembali memberikan kesempatan kepada koperasi dan perusahaan kecil tempatan yang berada di wilayah terdekat dengan daerah operasinya, untuk ikut serta mengikuti Workshop Local Business Development atau Pengembangan Usaha Kecil Tempatan pada 4 Juni 2009 lalu di Minas.

Workshop yang diikuti sebanyak 49 calon rekanan binaan ini terdiri dari koperasi dan perusahaan kecil dari Rumbai, Minas, Petapahan (meliputi Pantai Cermin, Lindai, Tapung) dan juga dari wilayah Libo – Kecamatan Kandis. Kesempatan yang sama juga akan diberikan di wilayah utara daerah operasi CPI yaitu di Duri dan Dumai.

Team Leader Local Business Development (LBD) Sumatera, Prakoso Catur Putra, pada kesempatan itu menyatakan bahwa Workshop ini merupakan prasyarat bagi koperasi dan perusahaan kecil tempatan yang ingin bergabung menjadi rekanan binaan LBD – CPI.

Di dalam workshop ini peserta diberikan pembekalan berupa materi-materi yang langsung dibutuhkan untuk menjadi mitra usaha CPI antara lain: pengetahuan tentang tata cara dan prosedur mengikuti program binaan LBD, Aspek-aspek keselamatan (HES/CHESM), Tata cara proses pengadaan Barang dan Jasa, Masalah Keuangan, Perpajakan dan Proses Penagihan serta Prilaku Bisnis dan Kode Etik.

Workshop dibuka secara resmi oleh Konsultan Supply Chain Management, R. Awan Setyawan mewakili General Manager Supply Chain Management (SCM) Sumatra.

Dalam sambutannya R. Awan Setyawan menyampaikan himbauan kepada calon rekanan binaan LBD agar masyarakat tempatan dapat memanfaatkan peluang dan fasilitas pembinaan LBD ini untuk bersungguh-sungguh meningkatkan kapasitas dan kapabilitas berusaha yang ditekuni, sehingga pada gilirannya akan menjadi pengusaha yang mampu bersaing dengan rekanan besar lainnya di CPI dan propinsi Riau pada umumnya.

Anton Saputra dari Koperasi Mayang Terurai, salah seorang peserta workshop pada saat penutupan menyampaikan rasa terima kasihnya atas kesempatan yang diberikan untuk mengikuti workshop dan menjadi anggota binaan LBD. Anton berjanji akan memanfaatkan kesempatan yang telah lama dinantikannya ini untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam berusaha dengan sebaik-baiknya.(ad/rls)

 

Rizki: