Media Center PON Riau Dapat Pujian

787 views
news14585ADA hal yang spesial pada media centre pusat PON 2012 lalu di Riau. Demi kenyamanan para peliput event olahraga nasional empat tahunan, sarana ini dilengkapi dengan fasilitas relaksasi berupa lounge yang dilengkapi dengan live music hingga fasilitas pijat. Gedung yang terletak di kawasan strategis Kota Pekanbaru, aslinya adalah Perpustakaan Soeman HS. Namun, fasilitas publik itu, disulap menjadi sebuah pusat arus informasi selama gelaran Pon ke-18 berlangsung, 9 hingga 20 September 2012.

Di lantai dasar, para jurnalis bisa memanfaatkan fasilitas komputer yang tersedia sebanyak 21 unit dari total 40 buah yang tersedia. Bagi yang membawa peralatan sendiri, disediakan pula Wi-Fi dengan kecepatan akses tinggi, 100 Mbps.

Naik di lantai 3, selain dapat melaksanakan kewajibannya, para jurnalis bakal dimanjakan oleh alunan live music dengan tata letak dan dekorasi layaknya sebuah lounge.

Kenyamanan memang menjadi perhatian PB PON. Sebuah ruang pemeriksaan kesehatan, ruang istirahat serta alat pemijat bagi awak media yang merasa lelah setelah seharian bekerja, pun disediakan.

Pada level keempat, tersedia sebuah ruang multimedia yang bisa dimanfaatkan oleh awak media televisi dan radio untuk melakukan laporan langsung terkait berita PON dari ‘Negeri Lancang Kuning’. Media center yang sangat nyaman ini, mulai beroperasi dari pukul 7 pagi hingga 11 malam.

Semula Media Center PON Riau ini akan menempati Gedung Menara Bank Riau Kepri yang baru saja selesai dibangun. Namun karena ada masalah teknis, akhrinya Media Center PON berpindah ke Gedung Perpustakaan Daerah.

Menurut panitia bidang PPM PON Ridar Hendri, separo lantai 1 gedung, baik di dalam maupun luar gedung, dijadikan media center khusus media cetak. “Di sini ditempatkan 40 PC komputer, fasilitas wifi, LED TV monitor, stage press conference dan loker penyimpanan peralatan wartawan,” kata Ridar.

Dia menjelaskan lantai ini juga ditempatkan ruangan direktur media center dan ruang redaksi jurnal harian tabloid PON. Di lantai 4, ditempatkan ruang kerja wartawan broadcast (news room), studio bersama radio, studio televisi dan ruang manajemen media center.

“Ruang ini dilengkapi saluran internet kapasitas tinggi, komputer multimedia dan editing, LED TV Monitor dan ruang dubbing,” kata Ridar.

Sementara fasilitas relaksasi dan konsumsi ditempatkan di ballroom bedah buku lantai 3. Sedangkan untuk konferensi pers, ditempatkan di ruang sidang bangunan 2.

“Semua falitas dan interior ruangan disponsori oleh Chevron. Media Center Utama ini akan melayani arus informasi semua pertandingan olahraga dan kegiatan pendukung PON dari 17 media center lain, sembilan diantaranya tersebar di sembilan kabupaten/ kota di provinsi ini,” kata Ridar.

Dipuji Menpora

Makanya tidak heran bila Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng mengapresiasi fasilitas di gedung media center yang dianggap lengkap dan begitu mudah mencari informasi hingga memberikan kelancaran kerja bagi kalangan pers.

“Sangat apresiasi dengan kondisi gedung media center yang begitu lengkap dan sangat memudahkan kinerja para wartawan tentunya. Teman-teman wartawan juga dapat menilainya sendiri,” kata Menpora dalam kunjungan ke media center yang berlokasi satu gedung dengan Perpustakaan Wilayah Soeman HS Pekanbaru.

Menpora mengaku sangat senang melihat kesiapan media center yang begitu optimal bahkan jaringan internet yang begitu cepat. “Saya mengharapkan dengan kondisi media center yang begitu maksimal ini kalangan pers dapat menyajikan informasi yang cepat bagi masyarakat,” katanya.

Pada media center yang dikelola oleh PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) itu terangkum sejumlah fasilitas yang memudahkan kerja para awak media.

Selain puluhan unit komputer, para wartawan yang bertugas khusus melakukan peliputan Pekan Olahraga Nasional juga bisa mengakses segala hasil tugas keredaksian dengan menggunakan jaringan internet.

Jaringan internet di media center yang berlokasi tepat di samping Kantor Gubernur Riau itu, begitu cepat hingga sangat meringankan dan membantu tugas jurnalistik.

Selain itu, media center juga menyediakan fasilitas alat pemijat yang dikhususkan untuk panitia dan awak media yang keletihan.

Dipuji Mendagri

Tidak hanya Menpora, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi juga memuji fasilitas media center utama PON Riau. Dengan dilengkapi sejumlah fasilitas komputer, ruang relaksasi dan music live serta studio mini, Gamawan menyebut MCU PON Riau lebih baik dari PON dan Seagames sebelumnya.

Hal ini diungkapkan Mendagri saat meninjau langsung MCU PON bersama Menkokesra, Agung Laksono,Menegpora Andi Malaranggeng, Menhub EE Mangindaan dan Gubernur Riau, HM Rusli Zainal.

Menurut Gamawan, persiapan PON Riau sudah berjalan maksimal. Meskipun masih banyak sisi kekurangan yang sempat menyulut pemberitaan di berbagai media dan mendapat komplain dari kontingen PON Riau.

“Setelah saya melihat langsung kondisi Media Center, dan melihat beberapa media center di PON sebelumnya, Riau masih lebih baik, bahkan dari pada media center Seagames lalu,” ungkapnya.

Mengenai persiapan PON Riau secara keseluruhan, Mendagri mengakui memang masih ada sisi parsial yang kurang. Namun, secara keseluruhan Gamawan mengacungkan jempol.

“Saya kira untuk Riau, persiapannya sudah maksimal. Dalam sebuah ivent nasional seperti PON maupun seagames, apalagi seagames, tidak ada yang sempurna, tidak ada gading yang tidak retak,” ujarnya.(Advetorial)

Foto Lainnya:

 

Posting Terkait