Masyarakat Harus Cegah Generasi Muda Berbuat Negatif

611 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Bertempat di Gedung Medang Perkasa Desa Tanjung Medang, Rabu (12/3) lalu, Wakil Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bnegkalis, H Riza Pahlefi, melantik dan mengukuhkan Camat RadiUs Akima sebagai Ketua Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Rupat Utara periode 2008-20011.

Ditemui usai pelantikan, Riza mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah ini berpatisipasi aktif dalam mencegah agar generasi muda tidak terjerumus pada hal-hal yang negatif. “Karena hal itu menjadi tanggungjawab semua pihak,” ujar Riza.

Terkait dengan peran Gerakan Pramuka, Ketua DPRD Bengkalis ini mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan berbagai kegiatan positif untuk itu. “Melalui berbagai kegiatan Pramuka, kita mencoba untuk ikut membangun moral generasi penerus di daerah ini, sehingga memiliki pengetahuan luas dan penuh rasa tanggung jawab,” ujarnya.

Hal ini dilakukan, tambah Riza, karena di era glabolisasi seperti sekarang ini, baik buruknya moral generasi muda menjadi penentu keberhasilan dan kelanjutan pembangunan. “Oleh sebab itu, salah satu prioritas dalam setiap kegiatan yang dilakukan Kwarcab Gerakan Pramuka Bengkalis pada aspek pembinaan mental ini,” imbuhnya.

Selain itu, sambung Riza, kegiatan dimaksud juga dilakukan agar generasi muda, khususnya anggota Gerakan Pramuka di daerah ini memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani.

“Serta rukun dan memiliki kesetiakawanan yang tinggi. Bukan saja antar anggota Gerakan Pramuka. Tetapi juga antara anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat,” ujarnya seraya mengajak seluruh anggota Gerakan Pramuka di daerah ini untuk ambil bagian secara aktif dalam mengisi pembangunan. Khususnya di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Sementara itu, kepada Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kecamatan Rupat Utara dan jajarannya yang baru dikukuhkan tersebut, mengingatkan bahwa

salah satu tugas Gerakan Pramuka tersebut adalah menyiapkan kader-kader yang memiliki wawasan kebangsaan yang luas, memiliki semangat dan jiwa bela negara, serta tanggap terhadap masalah-masalah yang dihadapi oleh bangsa dan negara.

Mengingat Rupat Utara merupakan salah satu pulau terluar yang berbatasan langsung dan dekat dengan negara tetangga Malaysia, Riza mengajak Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka dan jajarannya untuk dapat menjadikan Gerakan Pramuka di kecamatan tersebut sebagai wadah pertama dan utama dalam meningkatkan semangat kebangsaan.(ad)

 

Posting Terkait