Masyarakat Diminta Waspadai Bencana Alam

609 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Berubah-ubahnya cuaca saat ini diperkirakan akan menimbulkan bencana alam dimana-mana. Bencana alam itu tidak hanya berupa banjir dan angin ribut saja, tapi juga bisa berupa kekeringan karena terkadang cuaca bisa saja berubah menjadi kering dan panas. 

Kabid Amdal dan Bina Lngkungan Bapedalda Riau, Darjono SKM MSi mengatakan, sering berubah-ubahnya cuaca akhir-akhir ini disebabkan oleh terjadinya pemanasan global. Cuaca bisa saja berubah menjadi hujan lebat bahkan disertai angin kencang.

Kalau hujan turun terus menerus, tentunya akan menimbulkan bencana banjir seperti yang sering dialami oleh sebagian wilayah di Riau. Apalagi di Pekanbaru, hujan beberapa jam saja dapat membuat banjir sebagian wilayah di kota ini.

Namun kemudian bisa saja berubah menjadi panas dengan suhu yang sangat tinggi mencapai 35 derajat. Cuaca dengan suhu yang tinggi ini bisa membuat menipisnya persediaan air dan menimbulkan kekeringan dalam jangka waktu lalu. “Ini tentunya akan menimbulkan penderitaan bagi banyak orang,” ujarnya.

Kondisi ini harus diantisipasi sejak sekarang, sebelum bencana tersebut benar-benar terjadi. Kondisi cuaca berubah-ubah ini, menurut dia, disebabkan oleh ulah manusia juga yang tidak mau menjaga kelestarian lingkungan hidup, terutama kelestarian hutan.(Ad)



Posting Terkait