Masyarakat Diminta Waspada Konsumsi Produk Makanan

598 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Masyarakat Riau diminta untuk selalu waspada dalam mengkonsumsi produk-produk makanan baik yang dibeli di pasar rakyat maupun swalayan-swalayan. Sebab saat ini disinyalir banyak produk makanan yang beredar di pasaran berbahaya bagi kesehatan.

Hal ini dibuktikan dengan adanya temuan makanan kadaluarsa oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dalam beberapa kali razia yang ditemukan. “Ini mengindikasikan telah beredar makanan yang bisa membahayakan kesehatan manusia,” ungkap Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Riau, Sukardi di Pekanbaru.

Dia menyebutkan seiiring dengan meningkatnya kebutuhan akan makanan, masyarakat harusnya lebih selektif lagi dan turut mengawasi semua jenis makanan yang akan dibeli. Jangan sampai terbeli makanan yang bermasalah sehingga mengancam kesehatan.

Dia juga minta kepada pihak-pihak terkait untuk lebih meningkatkan lagi pengawasan di beberapa tempat penjualan makanan. Tempat-tempat yang perlu mendapatkan perhatian adalah pasar swalayan, mengingat sistem belanjanya yang sudah tersaji.

“Sementara kelemahan konsumen jarang yang memperhatikan masa kadaluarsanya, mulai makanan ringan hingga aneka jenis daging yang telah terbungkus dalam kemasan,” ungkapnya. Karena itu dia minta masyarakat untuk selalu waspada membeli produk makanan dengan memperhatikan kadaluarsanya.(ad)

Posting Terkait