MASIH RAWAN BAGI PELAYARAN… Tekanan Rendah Naikkan Gelombang Hingga 3 Meter

649 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Tekanan rendah yang menimbulkan cuaca buruk masih menjadi penyebab gelombang tinggi di perairan pesisir Barat Pulau Sumatera, Sabtu (16/05/2009) ini. Tinggi gelombang pasang rata-rata mencapai 3 meter itu dinilai berbahaya bagi pelayaran di sepanjang pesisir Barat Pulau Andalas ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru melaporkan, perairan Aceh sebelah pesisir Barat Sumatera mengalami gelombang 2,5 meter hingga 3,5 meter. Sedangkan pesisir Barat Sumatera wilayah perairan Sumatera Utara hingga perairan Provinsi Lampung, juga mengalami gelombang antara 2 meter hingga 3 meter.

Kepala BMKG Pekanbaru Blucher Dologsaribu melalui staf analisa Marzuki mengatakan, tekanan rendah yang menimbulkan cuaca buruk berada di sebelah Selatan perairan Provinsi Bengkulu. Posisi tekanan rendah ini sangat dinamis dan tidak bisa diperkirakan waktu berpindahnya.

Namun BMKG menilai tekanan rendah di Selatan perairan Provinsi Bengkulu itu masih terjadi dalam dua hari ke depan. Sehingga gelombang pasang juga akan masih tinggi di sepanjang pesisir Barat Pulau Sumatera dalam dua hari mendatang.(Surya)

Posting Terkait