Masih Banyak Warga Pekanbaru Tak Kenal Penyakit Chikungunya

581 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Buruknya kinerja Dinas Keseatan Kota Pekanbaru telah menyebabkan banyaknya warga Pekanbaru tidak mengenali penyakit Chikungunya. Padahal penyakit tersebut sudah mewabah di kota ini, tapi karena sosialisasinya dari Diskes Pekanbaru tidak ada menyebabkan masyarakat tidak tahu penyakit tersebut. 

Beberapa warga yang ditemui RiauInfo, Sabtu (9/6) mengaku tidak tahu apa itu penyakit Chikungunya. “Selama ini saya hanya membaca di koran bahwa penyakit itu sudah ada penderitanya di Pekanbaru, tapi apa sebenarnya Chikungunya itu saya tidak tahu,” ujar Ny Warni (31) warga Rintis, Pekanbaru.

Dikatakannya, sampai sekarang bagaimana ciri-ciri penyakit Chikungunya itu dan bagaimana menghindarinya sama sekali belum diketahuinya. “Iya bagaimana kami bisa tahu, selama ini belum ada penyuluhan yang diberikan pigak petugas kesehatan,” jelasnya.

Menurut dia, beda dengan penyakit demam berdarah, sudah tahu ciri-cirinya dan bagaimana mengantisipasinya. Sebab dimana-mana ada selebaran dan penyluhan tentang bahaya demam berdarah. “Sedangkan untuk Chikungunya sama sekali tidak ada penyuluhannya,” ujarnya.

Kepala Bidang Pemberantasan Pencegahan Penyakit (PPP) Dinas Kesehatan Pekanbaru mengakui bahwa selama ini banyak masyarakat belum memahami apa itu chikungunya. Chikungunya adalah sejenis penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. Nyamuk itulah yang menyebarkan virus bernama Chikungunya.

Ciri penyakit ini korban akan mengalami demam panas di atas 38 derajat selsius. Selain suhu tubuhnya tinggi, penderita juga merasakan seluruh persendiannya nyeri, bahkan ada yang tidak bisa digerakkan.(Ad)

 

Posting Terkait