Masalah Pemberantasan Illegal Logging Jadi Berita Utama Sejumlah Harian di Pekanbaru

559 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Upaya Polda Riau memberantas praktik illegal logging (ilog) menjadi sorotan utama sejumlah harian terbitan di Pekanbaru. Berita itu mulai dari rapat tertutup yang dilakukan kapolda dengan 10 kapolres di Riau sampai pemeriksaan terhadap para pejabat yang terlibat praktik ilog.

Harian Riau Mandiri dalam berita utamanya edisi Rabu (4/7) ini memaparkan rapat tertutup yang dilakukan Kapolda Riau Sutjiptadi dengan pejabat utama dan 10 Kapolres di kediamannya kemaren. Dalam beritanya berjudul “Kapolda Kumpulkan 10 Kapolres” harian ini menyebutkan rapat itu khusus membahas masalah ilog.

Sedangkan Metro Riau dalam berita berjudul “Asral-Sudirno tak Penuhi Panggilan” menyebutkan bahwa pasca ditetapkannya dua Mantan Kadishut Riau Asral Rachman dan Sudirno sebagai tersangka, Polda Riau memanggil keduanya untuk diperiksa. Ternyata keduanya lebih memilih mendatangi Setdaprov Riau ketimbang memenuhi panggilan polda tersebut.

Sementara itu Pekanbaru Pos hari ini dalam berita utamanya berjudul “Minta Izin Periksa Bupati”, menyebutkan selain dua mantan Kadishut Riau, Polda Riau juga akan memanggil beberapa pejabat lainnya untuk diperiksa, termasuk beberapa bupati. Karena itu, kini Polda Riau sedang menyurati presiden untuk mendapatkan izin pemeriksaan terhadap para bupati itu.

Harian Riau Pos hari ini mengungkapkan kecaman dari Menteri Kehutanan MS Kaban kepada Kapolda Riau yang dinilai terlalu berlebihan dalam menangani kasus Ilog. Bahkan MS Kaban mendesak pencopotan Kapolda Riau bersama dua kapolda lainnya yakni Sumut dan Papua. Namun dalam berita berjudul “Menhut: Copot Kapolda”, Kapolda Riau Sutjiptadi mengatakan tidak gentar meski harus dicopot.

Sementara Wagubri Wan Abubakar minta kepada Kapolda Riau untuk tidak takut dalam memberantas praktik ilog, meski yang terlibat di dalamnya sejumlah pejabat. Hal itu terungkap dalam berita utama yang diturunkan Riau Tribune hari ini dengan judul “Tindak Pelaku dan Pejabat Ilog, Kapolda Jangan Takut”.

Kemudian Tribun Pekanbaru hari ini memberitakan aksi demo yang dilakukan Walhi ke kantor Departemen Kehutanan. Pada aksi demo itu aktivis Walhi sempat mengerjai Menhut MS Kaban. Dalam beritanya berjudul “Walhi Kerjai MS Kaban” disebutkan bahwa saat menteri berorasi, para pendemo meninggalkan tempat itu.

Lain halnya dengan Rakyat Riau, dalam edisi hari ini mengungkapkan penyataan dari pengamat politik Prof Dr Sufian Hamim yang menilai popularitas Wan Abubakar semakin menurun sehingga akan memberatkannya saat maju di Pilgub 2008 mendatang. Berita itu diturunkan dengan judul “Popularitas Wan Abubakar Turun”.

Media Riau hari ini dalam berita utamanya menyebutkan sebanyak 11.819 siswa di Riau Rabu kemarin mengikuti Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Unri tahun ajaran 2007/2008. Dalam beritanya berjudul “11.819 Peserta Ikuti Ujian SPMB” disebutkan bahwa ujian ini akan berlangsung selama 2 hari.

Sedangkan Pekanbaru MX hari ini memberitakan kasus tertembaknya dua perampok sadis antar provinsi di Jalan Soebrantas Atas, Pekanbaru. Kedua perampok warga Lampung ini terpaksa ditembak hingga tewas karena berusaha melawan petugas polisi saat akan ditangkap. Berita itu berjudul “Dua Perampok Sadis Tewas Didor”.(Ad)



Posting Terkait