Mambang Jagokan Brasil Kampiun Piala Dunia 2010

Mambang Jagokan Brasil Kampiun Piala Dunia 2010

JAKARTA (RiauInfo) – Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit menjagokan tim samba Brasil menjadi scudetto world cup tahun 2010 di Afrika Selatan. Tim dari Ameriksa Selatan diramalkan oleh mantan Sekdaprov Riau itu bakal berjumpa Jerman di final Piala Dunia pada 12 Juli nanti di Soccer City, Johannesburg, Afsel.

“Jika bertemu Jerman di final, saya fovoritkan Brasil bakal menjadi kampiun tahun ini, “ ujar Mambang Mit saat diminta prediksinya tentang peluang tim yang bakal menjadi juara dunia, seusai mengikuti pembukaan Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) pembangunan pemberdayaan peerempuan dan perlindungan anak tahun 2010, Senin (13/6) di Hotel Horison, Bekasi, Jawa Barat.

Mambang mengaku menikmati gaya permainan yang diperagakan para pemain Brasil dalam setiap perhelatan piala dunia. Sejak piala dunia digelar, Brasil seolah tak pernah kehabisan stok dalam menciptakan pemain-pemain bertalenta tinggi di lapangan hijau. Bukan hanya ketrampilan individu, Brasil juga piawai dalam kolektivitas tim yang merupakan gabungan pemain yang memiliki skill ball tinggi.

“Meski Ronaldinho absen, bukan berarti Brasil kehilangan sentuhan gaya Samba dan perminan indah. Saya senang dengan permainan individu pemain-pemain Brazil,” ujar Mambang.

Saat ditanya siapa pemain favoritnya, ternyata Mambang senang dengan seluruh pemain Brasil karena semuanya bagus. Tidak hanya itu, ia pun menganggap bahwa permainan dan kerjasama tim Brasil sangat baik.

Pemain Brasil memiliki kerja sama yang sangat solid mulai dari barisan penyerang sampai barisan pertahanan, ditambah lagi penjaga gawang Julio Cesar yang menjadi benteng terakhir pertahanan.

“Tidak hanya permainan individu saja yang harus baik, tetapi kerjasama tim pun harus baik dong. Kalau pemain individunya baik, terus kerjasama timnya jelek tetap saja akan kalah,”katanya.

Layaknya pengamat bola, Mambang menilai dalam sepakbola harus ada kombinasi yang bagus antara permainan individu dengan permainan tim. “Kalau kerja sama tim harus ada kombinasi yang baik antara para pemain,”ujarnya.

Dalam catatan piala Dunia, Brasil yang kini menduduki peringkat kedua di bawah Spanyol kata Mambang tetap menduduki peringkat teratas dengan menyandang sebagai Negara pemegang juara dunia terbanyak yakni lima kali tahun 1958, 1962, 1970, 1994 dan 2002.

Selain itu Brasil juga mengantongi delapan kali juara Copa Amerika 1919, 1922, 1949, 1989, 1997, 1999, 2004, 2007 serta tigakali Juara Piala Konfederasi tahun 1997, 2005 dan 2009.

Selain itu, tim Brasil selama ini yang tidak pernah absen di ajang Piala Dunia. “Melihat catatan tersebut, siapa yang meragukan Brasil jadi juara dunia?”, kata Mambang.

Bermain di grup G, Mambang memiliki estimasi, Brasil tak akan menemui batu sandungan melawan tim Korea Utara, Pantai Gading dan Portugal. Dengan skuad merata di semua lini mulai dari kiper Julio Cesar, Maicon, Juan, Lucio, Bastos, Gilberto Silva, Felipe Melo, Elano, Kaka, Robinho dan Luis Fabiano, Brasil diramalkan Mambang bakal menjadi juara grup G.(ad/rls)

Rizki: