Malaysia Berminat Bangun PLTU di Inhil

630 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sebuah perusahaan asal Malaysia, Monotech Energy Resources SDN BHD menyatakan minatnya untuk menanamkan modalnya di bidang kelistrikan di Kabupaten Indragiri Hilir. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan listrik di daerah itu.

Bahkan tidak hanya sekedar berminat, mulai Juni 2010 nanti perusahaan tersebut akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kecamatan Kemuning. Diperkirakan PLTU yang akan dibangun itu mampu menghasilkan listrik sebesar 2.400 MW.

Bupati Inhil H Indra Mukhlis Adnan mengatakan dipilihnya Kemuning, karena daerah tersebut selain memiliki cadangan batu bara besar, juga berada pada lintas jalur antar antar kota, sehingga nantinya akan mudah menghubungkan dengan kota lainnya di Provinsi Riau.

Dia menyebutkan pihaknya telah melakukan petemuan dengan Chairman Monotech Energy Resources Dato Seri Mahmud Badri bin Basi untuk membicarakan rencana ini. Dalam waktu dekat ini mereka juga akan bertemu dengan Gubernur Riau untuk membahas seluruh proses yang harus dilewati.

Menurut Adnan, besarnya daya yang dihasilkan itu dimaksudkan supaya mampu memberikan manfaat secara baik. “Jika seluruh perizinan dan semua yang dibutuhkan tidak ada persoalan, maka mulai Juni 2010 pekerjaan akan bisa dilakukan,” ungkapnya.(ad)

Posting Terkait