Maimanah Umar Ungkap Jalur ‘Tol’ Otsus Riau

651 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Perjuangan Otonomi Khusus (Otsus) sesuai jalur yang ditentukan UU. Bahkan, Otsus Riau akan tercapai lebih cepat dengan melalui jalur jalan tol. Naratif ini diungkapkan Maimanah Umar yang mejabat Ketua Umum Fornas Otsus Riau.

“Ditegaskan, bahwa perjuangan Otsus Riau saat ini sesuai mekanisme UU. Tahapan-tahapannya telah dijalani saat ini. Seperti Naskah Akademik yang menjadi cikal bakal RUU Otsus Riau telah disahkan oleh DPRD Riau beberapa waktu lalu,”ujar Maimanah.

Langkah berikutnya setelah RUU rampung, tim Otsus Riau akan mensosialisasikan RUU ini ke berbagai kalangan melalaui berbagai seminar, baik dalam provinsi sendiri maupun di daerah lainnya. Tujuan sosialisi ini untuk memperkaya isi RUU.

Maimanah menambahkan, RUU yang telah diperkaya tersebut akan dilempar ke tengah kalangan akademisi, DPRD, LSM dan Ormas sebagai upaya Uji Publik RUU tersebut. “Uji Publik dari RUU ini nantinya akan didaptkan lagi beberapa perubahan yang menyempurnakan isi RUU,”harap Maimanah.

Perjalanan RUU yang disempurnakan ini nantinya akan melangkah ke meja Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dimana keputusan DPD yang beranggota dari berbagai daerah seluruh Indonesia akan mengangkat RUU Otsus Riau ini dalam Usulan Inisiatif hingga tiba di meja Komisi II DPR RI.

“Dari komisi II DPR RI ini lah nantinya RUU tersebut akan diajukan ke ketua DPR RI. Dimana ketua DPR RI akan mengadakan sidang paripurna bagi seluruh anggota dewan untuk mengesahkan RUU ini menjadi UU Otsus Riau yang berarti Riau Sah sebagai Daerah Otonomi Khusus,”terang Maimanah.

Belajar dari pengalaman daerh lain yang menelan waktu mencapai 50 tahun mewujudkan Otsus, Maimanah berpesan pada generasi muda Riau sebagai penerus perjuangan ini nantinya. “Yang muda-muda ini penerusnya. Makanya ada Simpul Generasi Muda (GM) Otsu Riau,”ujar Maimanah.

GM Otsus Riau saat ini dipimpin oleh Khairuddin All Young Riau yang didampingi oleh Sekretarisnya Yusrizal Tanjung mengatakan, pada acara selamatan yang direncanakan digelar 9 April mendatang akan dilantik segenap pengurus struktural GM Otsus 11 kabupaten/kota se Riau. “Juga akan dilantik pengurus GM Otsus yang berasal dari luar negeri,”ungkap Young Riau.(Surya)

 

Posting Terkait