Luncurkan Website, Berbagi Kisah Inspiratif Darmasiswa Chevron Riau

594 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kisah-kisah inspiratif para penerima Darmasiswa Chevron Riau (DCR) kini tersaji secara online. Masyarakat dapat mengaksesnya melalui situs www.darmasiswachevronriau.com untuk membaca cerita sukses putra-putri Riau dalam mengejar cita-citanya melalui bidang pendidikan.

Situs ini merupakan situs baru yang diluncurkan PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) untuk memotivasi siswa-siswi terbaik Riau agar terus berprestasi sehingga lahir generasi yang berkualitas.

Di dalam situs tersebut terdapat berbagai informasi seputar DCR, daftar pemenang DCR sejak 2001, tahapan seleksi, hingga foto-foto inaugurasi penyelenggaraan DCR pada tahun-tahun sebelumnya. “Dari kisah-kisah yang ada di situs tersebut, kami berharap dapat menjadi semacam efek bola salju untuk terus menggelorakan semangat belajar anak-anak Riau. Anak-anak kita harus diberi keyakinan bahwa selama kita mau berupaya keras, niscaya akan tercapai apa yang kita cita-citakan,” tutur Imamul selaku Manager PGPA Rumbai.

Selain itu, situs ini dapat menjadi ajang silaturahmi bagi para peraih DCR yang kini banyak tersebar di berbagai kota, bahkan mancanegara. Ada yang masih kuliah, ada juga yang sudah bekerja di berbagai perusahaan nasional maupun multinasional. Dengan adanya situs ini, data para peraih DCR dapat terus terpantau sehingga perjalanan program DCR dapat diukur.

Sementara itu, untuk DCR tahun ini, pendaftaran sudah dibuka. Pesertanya adalah siswa-siswi SMA/MA/SMK kelas tiga (atau kelas XII) yang menduduki peringkat umum I, II, dan III dari setiap sekolah. Pihak sekolah dapat mendaftarkan siswa-siswinya tersebut, diutamakan yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, ke Dinas Pendidikan di masing-masing kabupaten/kota untuk selanjutnya dikirimkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Riau paling lambat pada 2 Maret.

Sebagai upaya pemantauan dan evaluasi program yang berkelanjutan, pada tahun ini dilakukan perbaikan mekanisme seleksi calon penerima DCR. PT. CPI akan terlibat langsung dalam proses seleksi mulai dari tingkat kabupaten/kota dengan melaksanakan tes tertulis secara serentak di masing-masing kabupaten/kota. Pada penyelenggaraan sebelumnya, proses seleksi calon penerima DCR dari daerah dilakukan oleh masing-masing Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Dari masing-masing kabupaten/kota akan meloloskan lima siswa-siswi terbaiknya untuk mengikuti seleksi final yang meliputi tes akademik, psikotes, serta wawancara di Rumbai, Pekanbaru, pada tanggal 1-3 April mendatang.

DCR adalah program pendidikan yang dijalankan PT. CPI sejak 2001 melalui pemberian bantuan dana pendidikan bagi siswa-siswi terbaik Riau ketika menempuh jenjang perguruan tinggi. Program DCR akan memilih 60 siswa-siswi terbaik yang terbagi dalam empat peringkat.

Peringkat pertama (sebanyak tiga siswa) masing-masing berhak mendapatkan bantuan dana pendidikan Rp 15 juta/tahun ditambah satu unit laptop dan printer, peringkat kedua (lima siswa) masing-masing Rp 12,5 juta/tahun ditambah sebuah laptop, disusul peringkat ketiga (tujuh siswa) Rp 10 juta/tahun, serta peringkat keempat (45 siswa) masing-masing mendapatkan Rp 7,5 juta/tahun.(zas/rls)

 

Posting Terkait