LKTI “Dunia Melayu Asia Tenggara” Masuki Tahap Penilaian

PEKANBARU (RiauInfo) – LKTI Internasional 2008 dengan tema “Dunia Melayu Asia Tenggara: Globalisasi dan Multikulturalisme” yang diselenggarakan oleh Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu (BKPBM) Yogyakarta bekerjasama dengan Pusat Studi Sosial Asia Tenggara Universitas Gadjah Mada (PSSAT-UGM) Yogyakarta, ditutup hari ini (Senin, 5/01/09). 

Sebelum dinilai oleh dewan juri, sedemikian banyak naskah lomba yang masuk tersebut akan mulai diseleksi kelengkapan administratif dan kelayakannya oleh panitia penyeleksi yang terdiri dari Dr. Nicolaas Warouw, Budi Irawanto, MA (keduanya wakil dari PSSAT-UGM), serta Nursaed Ali Rido, MA (Pimpinan Redaksi MelayuOnline.com yang mewakili BKPBM) selama dua minggu ke depan.

Sementara, untuk penjurian pada lomba kali ini akan memakan waktu satu bulan, sejak minggu terakhir bulan Januari, hingga pertengahan Februari. Adapun untuk tim juri LKTI Internasional 2008 kali ini dipercayakan pada Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa-Putra, M.A., M.Phil. (Antropologi UGM sekaligus konsultan BKPBM).

Juga pada Mahyudin Al Mudra, S.H., M.M. (Pemangku dan Pendiri BKPBM), Dr. Aris Arif Mundayat (Direktur PSSAT-UGM), Prof. Dr. Ding Choo Ming (Pakar sejarah dan kebudayaan Melayu, Universiti Kebangsaan Malaysia, UKM), Dr. Mohd. Syarifudin Yusop (Universiti Putra Malaysia, UPM), dan Dr. Ampuan Haji Ibrahim (Universitas Brunei Darussalam, UBD).

Pemenang lomba karya tulis tingkat internasional ini akan diumumkan pada 28 Februari 2009 di laman www.MelayuOnline.com dan www.pssat.ugm.ac.id. Dan, bagi para jawara akan dihubungi langsung via telepon oleh panitia penyelenggara.

Sedangkan untuk penyerahan hadiah pemenang, direncanakan pada 20 Maret 2009 di Yogyakarta di mana akan diselenggarakan seminar bagi para pemenang sekaligus acara peringatan satu tahun berdirinya www.rajaalihaji.com.(ad/rls)

Rizki: