Lebih Tinggi Dibandingkan Singapura

PEKANBARU (RiauInfo) – Upaya Pemprov Riau dalam menggejot pertumbuhan Perekonomian daerah ini ternyata berhasil juga. Ini dibuktikan dengan tingginya pertumbuhan perekonomian Riau selama tahun 2006 lalu yakni mencapai 8,56 persen.

Pertumbuhan perekonomian Riau itu tidak hanya tertinggi untuk tingkat nasional, tapi juga lebih tinggi bila dibandingkan dengan Singapura. Pada tahun yang sama pertumbuhan perekonomian negara tetangga itu hanya sekitar 7 persen.

Gubernur Riau HM Rusli Zainal mengatakan di Pekanbaru, kenyataan ini patut disyukuri. Tapi bagaimanapun tentu Singapura sudah lebih dahulu tinggi tingkatannya, jadi pertumbuhannya tak begitu besar.

Disebutkan, dengan kondisi geografis dan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, tentu saja Riau mempunyai potensi yang sangat besar untuk dapat berkembang lebih maju, meningkatkan pembangunan dan pertumbuhan di wilayah Sumatera dan Indonesia secara umum.

Makanya potensi ini juga menjadi point untuk meningkatkan kerjasama secara bilateral dan kerjasama secara multilateral, yang saling menguntungkan antara Singapura dan Riau.

Ditambahkannya dalam tahun 2006, Riau menduduki peringkat ketiga dalam Penanaman Modal Dalam Negeri dan untuk Penanaman Modal Asing (PMA) urutan kedua. Bahkan sebelumnya di tahun 2005 Riau menempati peringkat pertama, dan dalam 2006 ini secara keseluruhan peningkatan lebih besar dibandingkan dengan tahun lalu.

Dalam hal tenaga kerja, secara umum Riau juga mengalami pengurangan yang signifikan dalam hal pengangguran. Hal ini juga terkait dengan tingginya investasi dan usaha yang ada di Riau dengan implikasi akan mudahnya lapangan kerja di daerah ini.

Dalam hal kependudukan, Riau saat ini memiliki penduduk sebanyak 4 juta jiwa, lebih sedikit dari Singapura yang mencapai 4,5 juta jiwa. Namun dari segi pertumbuhan penduduk, Riau juga lebih besar yakni 3,4 persen dibanding Singapura yang hanya 1,2 persen.(Ad)

 

Rizki: