Lebih 1.200 Warga Sakai Terima Bantuan Pendidikan dari CPI

640 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Lebih dari 1.200 pelajar dan mahasiswa Sakai dari 52 sekolah dasar hingga menengah dan 7 perguruan tinggi di Riau tahun ini menerima bantuan pendidikan dari PT Chevron Pacific Indonesia, kontraktor Kontrak Kerja Sama dengan BPMIGAS. Semua bantuan itu diharapkan selesai diserahterimakan akhir bulan ini.

Di Duri, bantuan pendidikan CPI diberikan kepada 775 anak suku Sakai yang tersebar di 34 sekolah (mulai SD – SLTA) di kecamatan Mandau dan Pinggir. Di Minas, bantuan diberikan kepada 452 anak asuh yang belajar di 18 sekolah setingkat di Kandis, Libo dan Minas. Sedangkan di tingkat perguruan tinggi, 53 mahasiswa Sakai di Pekanbaru tercatat dibiayai CPI.

Bantuan pendidikan untuk pelajar SD & SMP meliputi uang sekolah, buku, peralatan sekolah, sepatu dan baju seragam. Untuk tingkat SMA, bantuan yang diberikan sama dengan bantuan untuk tingkat SD dan SMP, ditambah dengan biaya kursus komputer. Sedangkan untuk tingkat perguruan tinggi, bantuan yang diberikan berupa SPP, buku, uang saku, dan biaya wisuda.

Bagi CPI yang mensponsori dan mendanai pendidikan mereka, usaha ini merupakan komitmen perusahaan untuk maju dan berkembang bersama masyarakat tempatan. Dalam pelaksaannya, CPI bekerjasama dengan panitia anak asuh Sakai yang bertanggung jawab mendata pelajar Sakai yang berasal dari keluarga kurang mampu di daerahnya dan berkoordinasi dengan masing-masing kepala sekolah untuk memperoleh rincian biaya yang dibutuhkan.

Tahun lalu, CPI membelanjakan lebih dari Rp. 980 juta untuk program anak asuh masyarakat Sakai (Rp. 360 juta untuk pelajar Sakai di Duri, Rp. 277 juta untuk pelajar Sakai di Minas dan Rp. 350 juta untuk 52 mahasiwa Sakai di Pekanbaru).

Program pengembangan masyarakat CPI yang khusus untuk komunitas Sakai ini difokuskan pada pengembangan SDM, di samping peningkatan pendapatan dan pelestarian nilai tradisional dan budaya. Tujuannya adalah untuk mengejar ketertinggalan (affirmative action) mereka dari kelompok masyarakat lainnya. Dengan program pengembangan SDM ini, CPI berharap dapat membantu memberdayakan kelompok masyarakat ini agar nantinya dapat memberdayakan diri sendiri.(ad)

 

Posting Terkait