LEBARAN SEPI PEMBELI…. Penjual Cacing Meliburkan Diri

PEKANBARU (RiauInfo) – Para penjual cacing yang biasa mangkal di jalan Soedirman Pekanbaru terpaksa meliburkan diri dalam suasana lebaran 2009 ini. Meski beberapa hari terakhir cuaca kota Pekanbaru cerah, namun tidak terlihat para pedagang cacing. Ujang, seorang penjual cacing mengaku terpaksa meliburkan diri karena sepinya pembeli pada masa lebaran ini. Padahal, cuaca cerah seperti Minggu (27/9/09) ini merupakan waktu yang tepat bagi pedagang cacing meraup untung pada hari biasa.

“Kalau musim panas saya bisa jual 2 kilo seharinya pada hari biasa. Jika musim hujan sudah jarang yang beli. Sedangkan hari ini masih lebaran saya tidak jualan, sepi pembeli,” sebut Ujang yang biasanya menjual cacing sekitar kawasan jalan Jenderal Soedirman, Pekanbaru, kepada RiauInfo.

Menurut Ujang, cacing yang dijual berasal dari pencarian di beberapa tempat yang banyak cacingnya. Bahkan di musim penghujan, tanah gembur atau dekat selokan dan tumpukan sampah kian banyak dan mudah untuk menemukan cacing di tempat-tempat tersebut sebagai jualan Ujang.

Setidaknya dalam dua kilo cacing ujang akan mendapat keuntangan 150 hingga 200 ribu rupiah. Hari ini Ujang telah mendapatkan keuntungan yang mendekati nilai tersebut.

“Untuk mengisi hari-hari menjelang musim memancing tiba, saya bantu-bantu teman aja di bengkel tempel ban ini,”ungkap Ujang.(Surya)

Rizki: