Launching Cluster Pertanian di Riau Akan Dihadiri Tiga Menteri

539 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Launching pencanangan Dumai dan Kuala Enok sebagai kawasan cluster industri berbasis pertanian direncanakan akan dihadiri tiga orang menteri. Launching itu sendiri rencananya akan dilakukan Sabtu (23/1) mendatang.

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Riau Emrizal Pakis mengatakan ketiga menteri dari kabinet Indonesia Bersatu yang hadir itu adalah Menteri Perekonomian Hatta Radjasa, Menteri Perindustrian MS Hidayat dan Kepala BKPM RI Gita Wirjawan.

Dalam launching itu nantinya para menteri akan melihat langsung lokasi pengembangan industri berbasis pertanian di Pelintung (Dumai), dan juga meninjau kawasan industri di Kuala Enok (Indragiri Hilir). Mereka akan mendapatkan paparan mengenai potensi kedua kawasan.

Seperti diketahui, pemerintah pusat telah memutuskan, Riau bersama dua provinsi lainnya di Indonesia sebagai kawasan cluster industri berbasis pertanian. Sedangkan dua provinsi lainnya itu adalah Sumatera Utara, dan Kalimantan Timur.

Untuk Riau sendiri pembangunannya akan selesai tahun 2015 mendatang dengan dana yang dibutuhkan diperkirakan sebesar 10-20 triliun rupiah. Cluster sawit di Riau diperkirakan bakal mampu melahirkan 30 industri turunan, seperti sabun dan bahan makanan.(ad)

Posting Terkait