LAPORAN DARI YOGYAKARTA Melestarikan dan Mengembangkan Budaya Melayu Lewat Situs

551 views

YOGYAKARTA: Sejarah perkembangan kebudayaan Melayu telah melewati proses dan rentang masa yang sangat panjang. Dalam sejarah perjalanannya, tamadun Melayu mengalami pendar redup kegemilangannya.

Namun dewasa ini eksistensi Melayu mulai tergerus oleh waktu dan juga penetrasi dari kebudayaan asing. Hal ini menyebabkan munculnya kekhawatiran akan menghilangnya kebudayaan Melayu dari muka bumi.

Untuk menjawab kegelisahan dan kekhawatiran publik Melayu akan hal tersebut, Balai Kajian dan Pusat Budaya Melayu (BKPBM) Yogyakarta meluncurkan sebuah portal MelayuOnline.com pada pada 1 Muharram 1428 Hijriah atau 20 Januari 2007.

Alasan diluncurkannya portal ini senada dengan program kerja BKPBM yakni menggali, mengumpulkan, mengekalkan serta mengembangkan khazanah budaya Melayu yang pernah ada di masa lampau maupun yang masih ada dan dilakukan dalam kehidupan masyarakat saat ini.

MelayuOnline.com merupakan sebuah pangkalan data yang berisikan informasi tentang seluk beluk dunia Melayu yang dikumpulkan baik melalui riset kepustakaan maupun terjun langsung ke lapangan.

Data yang ada di MelayuOnline.com disusun dan diklasifikasikan secara sistematis, sehingga memudahkan para pengunjung ketika mencari data yang diperlukan ataupun dalam memahami budaya Melayu secara ringkas sepintas maupun secara serius mendalam. Semua data dan artikel yang ada di portal ini dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya secara akademik.

Sebagai lembaga non-pemerintah dan bersifat nirlaba, semua kegiatan yang berhubungan dengan penelitian maupun pemeliharaan portal MelayuOnline.com masih didanai secara mandiri/swadaya. Sejauh ini belum ada bantuan (grant atau loan) dari pihak swasta maupun pemerintah secara rutin/tetap.

Dengan semakin banyaknya riset yang dilakukan, maka semakin besar pula biaya operasional yang diperlukan. Sehubungan dengan hal tersebut, kami selaku Humas MelayuOnline.com mengundang semua pihak yang peduli dengan usaha pelestarian dan pengembangan budaya Melayu untuk berpartisipasi dalam memberikan dukungan dana atau memasang iklan untuk keberlanjutan portal MelayuOnline.com maupun riset-riset yang sedang dan akan dilaksanakan.(ad/rls)

Posting Terkait