Lanud Pekanbaru Dijadikan Pusat Penggalangan Bantuan Korban Gempa Sumbar

588 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Bencana gempa yang terjadi di Sumatera Barat dua hari lalu yang menewaskan sekitar 80 orang, berpengaruh kuat terhadap Riau. Selain Pemprov Riau dan masyarakat terus menerus memberikan bantuan pangan dan obat-obatan, Lanud Pekanbaru saat ini dijadikan pusat penggalangan bantuan korban gempa Sumbar. 

Melalui Lanud Pekanbaru itu sejumlah bantuan baik perupa pangan maupun obat-obatan dikirim ke lokasi gempa dengan menggunakan fasilitas yang dimiliki Lanud ini. Dengan demikian bantuan akan cepat sampai ke sasarannya.

Komandan Lanud Pekanbaru Kol (Pnb) Bonar Hutagaol ketika dihubungi wartawan di Pekanbaru membenarkan bahwa dijadikannya Lanud Pekanbaru menjadi pusat penggalangan bantuan untuk korban gempa bumi Sumbar tersebut.

Malah dia menyebutkan Lanud Pekanbaru bukan hanya akan mengirim bahan pangan dan obat-obatan, tapi juga berperan dalam mengevakuasi korban-korban gempa. “Kami telah menyiapkan satu unit helikopter di Padang,” jelasnya.

Sementara berdasarkan informasi yang diterima RiauInfo, bantuan bahan pangan dan obat-obatan yang dikirim Pemprov Riau Rabu (7/3) kemaren, kini sudah sampai ke tujuan. Bantuan itu dikirim melal;ui Lanud Pekanbaru dan dilepas Gubernur Riau HM Rusli Zainal.

Bantuan itu sendiri, akan diprioritaskan ke Solok, karena daerah itu yang paling parah kerusakannya akibat gempa. Kini ribuan warga Solok terpaksa tinggal di tempat-tempat pengungsian, karena rumah tempat tinggalnya sudah rata dengan tanah.(Ad)

Posting Terkait