Laju Pertumbuhan Penduduk Riau 3,59 Persen Per Tahun

578 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Laju pertumbuhan penduduk Riau dari tahun 2000 sampai 2010 tergolong sangat tinggi, yakni rata-rata mencapai 3,59 pertahun. Jika pada tahun 2000 lalu jumlah penduduk Riau tercatat sebanyak 3.907.763 jiwa, maka tahun 2010 ini mengalami peningkatan menjadi 5.543.031 jiwa.

Kepala BKKBN Riau Drs Ari Goedadi mengatakan, tingginya pertumbuhan penduduk juga dialami secara nasional, dimana jumlah penduduk Indonesia saat ini telah mencapai 237,6 juta jiwa. Sedangkan untuk Riau, laju pertumbuhan penduduk tertinggi dialami oleh Pelalawan sebesar 6,71 persen.

Dia menyebutkan, penyebab ledakan penduduk ini ada dua faktor yakni kelahiran dan migrasi. Khusus di Riau, berdasarkan analisa pihak Badan Pusat Statistik (BPS) maupun BKKBN sendiri lebih banyak disebabkan oleh migrasi, atau perpindahan dari daerah lain.

Namun begitu, menurut dia, faktor kelahiran tidak bisa diabaikan, karena bisa saja saat ini yang datang ke Riau dan tercacah itu juga sedang hamil dan ini akan menghasilkan penduduk baru. Makanya jumlah penduduk inin perlu pengendalian bersama.

Belum lama ini telah digelar rapat penelaahan program KB Nasional di Riau. Dalam rapat yang diikuti pejabat BKKBN Pusat, unsur Pemprov Riau, Kabupaten/Kota se-Riau, TNI Polri, lembaga keadaan, lembaga sosial itu dibahas masalah hasil pencacahan sensus penduduk 2010.(ad)

Posting Terkait