Lahan Potensial Untuk Tanaman Pangan di Riau 1,79 Juta Hektar

PEKANBARU (RiauInfo) – Sekitar 1,79 juta hektar lahan Provinsi Riau dinilai cukup berpotensi untuk dikembangkan menjadi areal pertanian tanaman pangan dan holtikultura. Sehingga dengan perluasan areal pertanian khususnya pertanian Padi, kebutuhan akan beras Provinsi Riau akan bisa terpenuhi.

Gubernur Riau HM.Rusli Zainal,SE.MP mengatakan hal tersebut, Selasa (24/7) pada acara Seminar Nasional Bidang Pertanian, di Kampus UNRI Panam, Pekanbaru.

“Sejak dahulu hingga sekarang sektor pertanian merupakan sektor yang telah memberikan sumbangsih sangat besar kepada negara umumnya dan masyarakat Riau khususnya. Apalagi sektor pertanian dan perkebunan merupakan sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja di Riau,” ujar Gubri.

Untuk itu, lanjut Rusli, pembangunan pertanian dalam mensukseskan program K2i, pemerintah Provinsi Riau mengambil langkah akan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), meningkatkan kualitas dan kuantitas tanaman pangan dan holtikultura, meninbulkan minat investor dan mempertahankan Sumber Daya Alam Riau.

Rusli menambahkan, pemerintah Riau akan membangun dan membuka isolasi wilayah-wilayah tertinggal. Untuk itu diperlukan investor dalam rangka pengembangan pertanian yang modern di Provinsi Riau nantinya.

“Pertanian di wilayah Riau banyak terkendala akibat transportasi tani yang jauh dari penjual. Sehingga akses keluar bisnis agro pertanian mengalami kendala. Hal ini memerlukan infrastruktur yang mendukung lancarnya semua kegiatan tersebut,” terang Rusli. (Surya)

 

Rizki: