LAHAN PEMKO DI KIT MAKIN RUNCING Lahan yang Telah Dibebaskan Diduduki Warga Luar

553 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Permasalahan lahan Pemko yang ada di Kawasan Industri Tenayan (KIT) tampaknya tidak hanya sampai penyerobotan saja. Tetapi akan makin meruncing. Pasalnya tanah seluas 320 hektar yang telah dibebaskan itu, masih diduduki warga luar. Siapa gerangan? 

Menurut anggota komisi I, Sarbaini di atas lahan Pemko tersebut ada seseorang warga yang belakangan diketahui bernama Gultom asal Sumatera Utara berkebun sawit dan telah menghasilkan buah.

Bukan hanya sampai disitu, di kebun sawit ilegal tersebut pun berdiri rumah permanen. Dikhawatirkan, akibat hal ini akan terjadi kecemburuan sosial dari masyarakat setempat dan ikut memanfaatkan areal kosong lainnya yang mana akhirnya akan menjadi permasalahan besar dikemudian hari.

Sebab menurut Sarbaini, jika demikian kedepan tidak mungkin mereka akan mudah menyerahkan tanah garapannya, ungkapnya yang mengaku informasi berasal dari masyarakat tempatan yang merasa ada keganjilan, Kamis (11/12) di Balai Payung Sekaki.

Karena itu, diharapkan kepada intansi terkait untuk segera menindaklanjuti permasalahan ini sebelum membesar. Bahkan saat ini Sarbaini sendiri akan mengusulkan untuk mengadakan Kunjungan Lapangan (Kunlap) ke daerah Kit tersebut.

“Saya mengharapkan kepada pihak terkait segera menindaklanjuti masalah ini. Sebab dikhawatirkan akan menjadi besar jika dibiarkan. Apalagi sebelumnya masalah penyerobotan lahan oleh oknum tertentu yang mengatasnamakan kelompok tani belum selesai, kini ada lagi berupa pembuatan kebun sawit, katanya tegas. (muchtiar)

 

Posting Terkait