Krisis Listrik Semakin Parah, Se-Sumatera Akan Gelap Gulita

534 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pada tahun 2008 ini diprediksikan krisis listrik akan semakin parah saja. Sebab sejumlah waduk pembangkit PLTA di Sumatera, terutama di Sumatera Barat dan Riau akan kekurangan air. Akibatnya Pulau Sumatera terancam akan gelap gulita tanpa aliran listrik.

Hal ini menjadi berita utama Pekanbaru Pos edisi Jumat (22/2) ini berjudul “Se-Sumatera Bakal Gulita“. Mengutip pernyataan Asisten Manager Distribusi PLN Cabang Pekanbaru Rusdi Karim, harian ini menyebutkan sejumlah waduk pembangkit PLTA mengalami kerusakan lingkungan yang semakin parah, sehingga menyebabkan debit airnya jadi menurun.

Sementara itu Riau Mandiri hari ini mengangkat berita penangkapan terhadap 3 kapal penyeludup yang membawa 1.800 ton barang menuju Pekanbaru jadi berita utamanya. Dalam berita berjudul “Mabes Polri Tangkap 3 Kapal Penyeludup” disebutkan ketiga kapal itu yakni KLM Rezeki Bersama, KLM Bima Sakyi, dan KLM Citra Indah Jaya.

Hari ini berita utama Pekanbaru MX tentang ditemukannya mayat seorang warga Batam yang neympung ke Sungai Siak 3 hari lalu. Mayat laki-laki itu ditemukan di Sungai Kualu, anak Sungai Siak dalam kondisi telah membusuk. Berita itu berjudul “Warga Batam Ditemukan Membusuk“.

Heboh yang terjadi di sekitar Jalan Rokan, Kelurahan Tanjung Rhu, Kecamatan Limapuluh karena adanya sebuah koper tak dikenal di halaman rumah seoang warga, menjadi berita utama Riau Tribune. Heboh itu terjadi karena koper tersebut semula dikira bom, ternyata hanya berisi pakaian wanita. Berita itu berjudul “Koper Hitam Hebohkan Warga“.

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah kota/kabupaten di Riau masih menjadi berita utama Metro Riau hari ini. Dalam berita berjudul “Kualitas Udara Terus Memburuk” disebutkan Dinas Kesehatan Riau mengumumkan kualitas udara di beberapa daerah sudah tak sehat lagi. Makanya masyarakat diingatkan untukl mewaspadainya.

Sedangkan Tribun Pekanbaru dengan berita berjudul “Ada Indikasi Sengaja Dibakar” mengutip pernyataan Kabid Humas Polda Riau yang menyebutkan pihaknya tidak pandang bulu dalam menindak pelaku pembakaran hutan dan lahan. Mulai dari masyarakat yang membakar hingga perusahaan yang membakar lahannya sendiri akan ditindak.

Pernyataan Presiden SBY yang menyebutkan tidak akan menaikkan harga BBM dalam negeri terkait melambungnya harga BBM dunia menjadi berita utama Riau Pos hari ini. Dalam berita berjudul “Harga BBM Tidak Naik“, disebutkan SBY berjanji tidak akan menaikkan harga BBM, namun dia minta masyarakat untuk melakukan penghematan energi.

Berita utama Media Riau hari ini tentang dilaporkannya Dirjen Dikti ke Mabes Polri oleh Tabrani Rab selaku owner Universitas Abdurrab (Unara). Hal ini disebabkan ditolaknya izin kedokteran di Unara tersebut. Berita itu berjudul “Unara Laporkan Dirjen Dikti ke Mabes Polri“.(ad)



Posting Terkait