KPU Riau Sudah Mulai Lakukan Persiapan

574 views

Pekanbaru – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau saat ini sudah mulai melakukan persiapan dalam menghadapi penyelenggaraan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Riau pada tahun 2008 mendatang. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau Raja Sofyan Shamad kepada wartawan usai acara pelantikan DR.Alimin Siregar sebagai anggota PAW KPU Provinsi Riau di Hotel Quality Pekanbaru, Rabu (17/1). 

Menurut Sofyan Shamad, persiapan yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau adalah soal bagaimana mengantisipasi berbagai kelemahan-kelemahan di dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur ini.

Salah satu kata Sofyan Shamad adalah pemutakhiran data pemilih yang akan ikut dalam pemilihan Gubernur. Oleh sebab itu sejak dari awal khususnya pada tahun 2007 ini dilakukan pemutakhiran data pemilih.

Karena pemutakhiran data pemilih ini dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini Dinas Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Riau, maka dalam satu tahun ini diharapkan rampung melakukan pemutakhiran data pemilih itu.

Ia mengatakan pada Januari tahun 2008 mendatang daftar data pemilih yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Riau itu sudah bisa di terima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau.

Selanjutnya kata Sofyan Shamad, pada bulan Februari sampai Maret 2008 hasil daftar pemilih dari pemutakhiran data ini sudah dapat disosialisasikan kepada masyarakat Provinsi Riau. ”Daftar ini kita sebut sebagai Pra Daftar Pemelih Sementara, ” ujarnya.

Ia mengatakan, pemutakhiran data ini dibuat untuk mengantisipasi berbagai kelemahan yang terjadi pada masa yang lalu dalam penyelenggaraan Pilkada di beberapa daerah.

Sofyan Samad mengatakan, Pra Daftar Pemelih sementara ini selanjutnya akan ditetapkan oleh KPU Provinsi Riau sebagai Daftar Pemilih tetap pada bulan Juni tahun 2008.

Sementara itu katanya, persiapan lainnya yang dilakukan adalah sosialisasi yang berkaitan dengan mencerdaskan para pemilih, kemudian selanjutnya pemantapan jajaran penyelenggara, sehingga penyelenggaraan Pemilihan Gubernur itu sudah siap dilakukan.

Raja Sofyan menambahkan, penyelenggaraan Pemlihan Gubernur (Pilgub) di Provinsi Riau ini akan dilakukan pada bulan November tahun 2008 mendatang.***

 

Posting Terkait