KPAID Riau Rampungkan Kuota Perwakilan Tiap Daerah

571 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Riau tahun ini akan merampungkan perwakilannya di seluruh daerah kabupaten/kota se Riau. Catatan terakhir, masih ada lima daerah yang belum dibentuk perwakilan KPAID Riau. Masalah utama terkendala dana disamping SDM anggota.

Daerah yang belum dibentuk KPAID tersebut seperti Kabupaten Kuansing, Siak, Rokan Hilir, Kota Dumai dan kabupaten Inderagiri Hilir. Akhir januari ini, KPAID kabupaten Kuansing akan segera diresmikan. Dengan demikian hanya menyisakan 4 daerah perwakilan KPAID yang belum terbentuk di Riau.

Namun, KPAID Riau menargetkan empat daerah tersebut akan menyusul dalam tahun ini. Sehingga setiap kabupaten/kota di Riau akan punya perwakilan KPAID di daerah masing-masing.

“Memamng masih ada beberapa kabupaten/kota yang belum terbentuk KPAID. Namun kita sedang melakukan proses pembentukan saat ini. Diperkirakan semua kabupaten di Riau akan punya perwakilan KPAID tahun ini,”sebut Dra. Rosnaniar yang menjabat Ketua KPAID Provinsi Riau, Rabu (30/1) kepada wartawan di Pekanbaru.

Optimis akan terbentuknya KPAID di tiap daerah ini juga dinilai dari respon daerah yang diterima oleh KPAID Riau selama ini. “Saat ini pemerintah kabupaten/kota sudah memperlihatkan keseriusannya untuk membentuk KPAID di daerah mereka. Hal ini dipicu oleh manfaat KPAID yang dirasakn daerah yang sudah punya KPAID. Manfaat ini tidak terlepas dari keseriusan KPAID dalam menangani kasus yang diadukan secara sungguh-sungguh,”terang Rosnaniar.

Menurut Rosnaniar, semangat daerah yang ingin segera membentuk KPAID di daerahnya seperti kabupaten Inderagiri Hilir. Desakan ini datang dari Forum Pendidikan di Kabupaten Inhil yang sangat menginginkan agar KPAID segera diwujudkan di negeri seribu parit tersebut.

Namun Rosnaniar mengaku, kendala yang masih menjadi benturan untuk membentuk KPAID di daerah adalah anggran serta SDM yang akan menduduki struktur organisasi lembaga yang indipenden tersebut.(Surya)

 

Posting Terkait