Korem 031/Wira Bima Gandeng Sinar Mas Agribusiness and Food dalam Latihan Gabungan Penanggulangan Karhutla

68 views

INDRAGIRI HILIR (Riauinfo) – Komando Resor Militer (Korem) 031/Wira Bima menggandeng Sinar Mas Agribusiness and Food dalam latihan gabungan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Bagan Jaya, Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau. Latihan yang melibatkan Pemerintah Daerah Kabupaten Inhil, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni, serta Masyarakat Peduli Api ini bertujuan meningkatkan kemampuan seluruh peserta dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla.

Area perusahaan PT Bumipalma Lestaripersada (BPLP), grup Sinar Mas Agribusiness and Food, dipilih sebagai lokasi latihan. Pada kegiatan yang berlangsung selama 5 hari sejak tanggal 21 November, Sinar Mas Agribusiness and Food tidak hanya mendukung penyediaan lokasi dan sarana pelatihan, tetapi juga melibatkan Masyarakat Siaga Api (MSA) binaan dan Tim Kesiapsiagaan Tanggap Darurat (KTD) dalam simulasi gabungan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, serta memberikan sesi materi pelatihan berupa sharing pengalaman terkait sistem manajemen pencegahan dan penanganan karthula secara terpadu yang dilakukan oleh perusahaan. Salah satunya adalah penggunaan GeoSMART, sebuah aplikasi untuk mendeteksi titik panas (hotspot) tiga kali lebih cepat dari proses sebelumnya dengan memanfaatkan teknologi satelit.

Head of Fire and Peat Management Sinar Mas Agribusiness and Food, Achmad Supriyanto, mengatakan pihaknya siap bersinergi dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla. “Kami sangat mengapresiasi Korem 031/Wira Bima yang telah menggagas latihan ini dan melibatkan kami di dalamnya. Kami siap untuk terus bersinergi dengan berbagai pihak demi pencegahan dan penanggulangan karhutla yang semakin baik di Provinsi Riau,” ujarnya.

Peserta yang berjumlah sekitar 220 orang juga mendapatkan materi berupa teori dan praktik dari beberapa instansi. Misalnya, mereka mendapatkan pelatihan penegakan hukum karhutla dari Polres Inhil, pelatihan pemadaman api dari Manggala Agni, keterampilan pertolongan pertama dari Dinkes Kabupaten Inhil, serta materi lainnya. Pada akhir pelatihan, terdapat simulasi pemadaman karhutla yang melibatkan banyak peserta dan armada pemadam kebakaran untuk meningkatkan kesigapan peserta.

Komandan Korem (Danrem) 031/Wira Bima, Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung, mengapresiasi pihak-pihak yang mendukung latihan gabungan ini sehingga dapat terselenggara dengan baik. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk memperkuat sistem terpadu dalam penanggulangan bencana alam karhutla.

“Terima kasih, hari ini kita dapat melaksanakan latihan bencana penanggulangan karhutla di Kabupaten Inhil. Ini adalah latihan terintegrasi, baik dari Kodim, BPBD, Basarnas, Damkar, rekan-rekan BPLP, kepolisian, dan lainnya. Latihan ini adalah cara kita menyiapkan kekuatan yang ada di wilayah untuk menghadapi bencana karhutla dan bencana-bencana lain,” ungkap Danrem yang hadir langsung ke lokasi pelatihan.

Ia juga mengatakan, koordinasi yang solid antar pihak sangat dibutuhkan dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla di Provinsi Riau. “Semoga dengan adanya pelatihan ini, dapat terbangun koordinasi dan komunikasi di antara stakeholders untuk menghadapi bencana. Diharapkan dengan adanya koordinasi yang baik, kita bisa menyelesaikan bencana dengan efektif dan efisien, sehingga mengurangi korban ataupun kerugian yang lain,” jelasnya. (***)

karhutla korem Sinarmas

Posting Terkait