Korban Banjir di Riau Mulai Dapat Bantuan

489 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Para korban banjir di sejumlah kawasan di Riau kini mulai bisa sedikit lega. Setelah sempat hidup mereka terkatung-katung tanpa ada bantuan pangan dan obat-obatan, kini bantuan yang diharapkan mulai mengalir.

Bantuan diantaranya berasal dari Pemprov Riau yang langsung diserahkan Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit kepada korban banjir yang disaksikan Bupati Pelalawan Rustam Effendi. Kabupaten Pelalawan merupakan daerah di Riau yang cukup parah dilanda banjir.

Dalam kesempatan ini Pemprov Riau menyerahkan lima ton beras, seratus dus mie instans. seratir kardus air mineral siap saji, obat-obatan berikut tim media dari Fakultas Kedokteran Universitas Riau (Unri). Bantuan ini langsung didistribusikan kepada masyarakat korban banjir di Pelalawan.

Sejumlah perusahaan di Riau juga saat ini sedang bersiap-siap menyalurkan bantuan kepada korban banjir. Hal ini sesuai dengan harapan dari Gubernur Riau HM Rusli Zainal yang meminta perusahaan swasta di Riau turun tangan dalam membantu para korban banjir.

Sampai saat ini hampir seluruh kabupaten/kota di Riau dilanda banjir. Namun yang terparah dilanda banjir adalah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Di daerah ini sudah 11 kecamatan terendam banjir dengan jumlah korban 6.652 kepala keluarga.

Banjir yang melanda Inhu ini diperkirakan akan terus meluas mengingat hujan masih terus turun di daerah tersebut sampai Rabu (6/1) ini. Sejumlah desa di Inhu malah ada yang terisolir akibat akses jalan menuju desa tersebut terputus akibat terendam banjir.

Kondisi ini membuat pihak Pemkab Inhu kesulitan dalam menyalurkan bantuan pangan dan obat-obatan kepada para banjir. Untuk menyalurkan bantuan terpaksa menggunakan perahu. Desa-desa itu antara lain Pasir Kemulau Rengat, Sungai Beringin, dan Sungai Raya.(ad)

Posting Terkait