Konsumen Beralih ke Laptop, Bisnis Komputer Bekas Lesu di Pekanbaru

540 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Para pedagang komputer bekas di Pekanbaru mengeluh, karena usaha mereka semakin sepi dari pembeli. Pasalnya warga Pekanbaru saat ini lebih cenderung membeli laptop ketimbang personal komputer (PC).

Hal ini lebh diperparah lagi dengan semakin turunnya harga laptop di pasaran elektronik. Jika setahun yang lalu harga laptop termurah masih Rp 5,5 juta, kini sudah ada komputer yang dijual dengan harga Rp 3,5 juta per unit.

Kondisi ini membuat bisnis komputer bekas di Pekanbaru makin sepi aja. “Sekarang ini untuk menjual 1 unit dalam sepekan saja sudah susah sekali. Bahkan kadang dalam sebulan hanya terjual 1 sampai 2 unit PC saja,” ungkap Ridwan, salah seorang pedagang komputer bekas.

Dia mengakui, munculnya laptop-laptop murah sebagai penyebab bisnis ini semakin sepi saja. “Orang jelas lebih suka menggunakan laptop karena banyak kelebihannya, selain mudah ditenteng, lebih hemat listrik dan tidak terlalu tergantung listrik PLN,” ujarnya.

Dalam kondisi listrik PLN sering padam saat ini, laptop adalah solusinya agar orang bisa tetap mengerjakan tugas-tugas kantor. “Makanya orang sekarang berlomba-lomba membeli laptop dan mulai meninggalkan PC,” tambahnya.(Ad)

 

Posting Terkait