KIM Sebagai Jembatan Informasi Bagi Pembangunan

652 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) memiliki peran penting ditengah masyarakat. Selain bertujuan mencerdaskan bangsa, peran KIM juga sebagai penyampai informasi yang saling mendukung bagi masyarakat dan pemerintah.

Kasubid Lembaga Kominikasi Ormas Direktorat Kelembagaan Komunikasi Sosial Departemen Komunikasi dan Informatika RI Drs.Gun Gun Siswadi, M.si menyatakan hal tersebut pada acara Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di hotel Mutiara Pekanbaru, Kamis (4/03/10)

Menurut Gun Gun, keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di dalam masyarakat akan mampu menjembatani kepentingan Pemerintah dengan masyarakat atau sebaliknya.

Pada zaman Orde Baru dulu dikenal adanya Kelompencapir yang konon tidak efektif karena dipolitisir dan banyak dimanfaatkan untuk kepentingan penguasa. Namun walaupun demikian tidak semuanya bersifat negatif, sebab berdasarkan pengamatan masih ada yang eksis di masyarakat, dan manfaatnya juga masih dibutuhkan masyarakat terutama yang berdomisili di daerah pedesaan.

Ia mengatakan, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyrakat sesuai dengan kebutuhannya.

“Tugas KIM diantaranya adalah mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi. Selain itu tugas Kim juga membardayakan masyarakat, melalui diskusi antar anggota sehingga dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan bagai kepentingan pribadi, kelompok, masyarakat dan bangsa,” katanya.

Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ditaja oleh Departemen Komunikasi dan Informatika RI bekerjasama dengen Pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini Dinas Komunikasi Informatika dan Pengolahan Data Elektronik (Diskominfo-PDE) Provinsi Riau.

Hadir dalam kesempatan itu Direktur Kelembagaan Komunikasi Sosial Direktorat Kelembagaan Komunikasi Sosial Departemen Komunikasi dan Informatika RI serta Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Pengolahan Data Elektronik (Diskominfo-PDE) Provinsi Riau Hj Indrawati Nasution , SE. (Surya/pde/Ms)

 

Posting Terkait