Ketinggian Air Sungai Siak Terus Bertambah

642 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Hujan lebat yang turun Jumat dini hari (20/4) di Pekanbaru telah membuat ketinggian permukaan air sungai Siak terus bertambah. Akibatnya air yang sebelumnya hanya menggenang halaman rumah penduduk, kini sudah masuk ke dalam rumah. 

Kondisi ini membuat sejumlah warga mulai bersiap-siap menghadapi banjir dengan mengemas barang-barangnya dan meletakkannya lebih tinggi. Hal itu dilakukan oleh warga di sepanjang pesisir Sungai Siak, terutama di kelurahan Rumbai Pesisir.

Ratna (33) salah seorang warga mengatakan, saat ini bagian dapur rumahnya sudah dimasuki air. Kebetulan bagian dapur rumahnya lebih tinggi dibandingkan bagian lainnya, sehingga kalau banjir akan duluan dimasuki air.

Dikatakannya, jika air sungai terus naik dalam beberapa hari ini, bagian-bagian lainnya pasti akan digenangi air juga. “Sekarang saya sudah menaikkan barang-barang ke tempat lebih tinggi agar tidak terjangkau air,” ungkapnya.

Dijelaskan, lokasi rumahnya yang rendah memang sering menyebabkan kebanjiran setiap air sungai Siak meluap. “Waktu banjir bulan Januari lalu, ketinggian air di dalam rumah saya mencapai leher orang dewasa,” kata Ratna lagi.

Makanya, menurut dia, setiap air sungai Siak mulai meluap keluarganya akan selalu siap-siap menyelamatkan barang-barang. “Beginilah nasi tinggal di pinggiran sungai Siak, bang,” ungkap ibu dari 3 orang anak yang masih kecil-kecil ini.(Ad)

 

Posting Terkait