Kerugian Karhutla Riau Belum Diketahui

PEKANBARU (RiauInfo) – Kerugian akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Riau sejak sepekan belakangan belum diketahui. Meski telah didapat laporan luas lahan yang terbakar, atau jumlah masyarakat terserang penyakit korban asap, namun pemprov Riau mengaku belum bisa mengatakan kerugian tersebut.

“Belum, belum tahu berapa kerugian yang dialami. Saat ini gubernur tengah mengadakan pertemuan dengan beberapa kepala daerah di Riau untuk mengkoordinasikan masalah ini di Dumai. Tentunya pertemuan ini akan menghasilkan solusi bagi masalah yang kita hadapi,”ujar Mambang Mit yang menjabat Setdaprov Riau kepada wartawan, Senin (25/02) di Pekanbaru.

Menjawab apakah ada bantuan pemprov terhadap kerugian akibat kebakaran hutan dan lahan di Riau, Mambang mengatakan, anggaran tersebut telah ada dianggarkan oleh dinas atau badan terkait. Seperti Dinas Kehutanan atau dinas lainnya yang berada di lingkungan pemerintahan provinsi Riau.

Seperti masalah kesehatan, program berobat gratis bagi masyarakat telah ada di Dinas Kesehatan. Sehingga berobat bagi warga yang terjangkit Inspeksi Pernafasan Akut (ISPA) tentunya tidak menjadi kendala lagi dalam segi biayanya.

“Anggaran tersebut tentu ada di masing-masing dinas atau badan terkait. Khusus untuk kejadian saat ini belum bisa dibicarakan sebelum gubernur selesai rakor di Dumai. Saya belum bisa katakan, karena kita masih menunggu hasil rakor gubernur,”ujar Mambang.(Surya)

 

Rizki: