Kepariwisataan Indonesia Siap Kalahkan Malaysia

754 views

Indonesia kalahkan malaysiaJAKARTA (RiauInfo) – Kepariwisataan Indonesia sejak setahun terakhir gencar melakukan pembenahan baik dari sisi promosi, perbaikan SDM dan branding. Target mendatangkan wisman pun ditingkatkan, bahkan kepariwisataan Malaysia yang sebelumnya nyaris tidak diperhitungkan, kini menjadi tantangan nomor 1 karena jumlah wisman yang masuk ke Malaysia jauh diatas Indonesia.

“Namun saya yakin kepariwisataan Indonesia bisa mengalahkan Malaysia. Kuncinya, promosi terus gencar, perbaikan layanan juga harus menjadi nomor satu. Saya ingin dalam perputaran waktu yang relatif tidak lama, kepariwisataan Indonesia sudah diatas Malaysia,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta, kemarin dalam jumpa pers keberhasilan Indonesia meraih 3 gelar World Halal Travel Summit 2015 Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Dalam World Halal Travel Summit yang diikuti sejumlah negara itu, tiga pesaing berat Kepariwisataan Indonesia di kawasan ASEAN, yakni Singapura, Malaysia dan Thailand tidak mendapatkan satu pun gelar.

Menpar menilai hal itu adalah pertanda bahwa kepariwisataan Indonesia bisa menjadi yang terbaik di kawasan ASEAN, mengalahkan Malaysia dan lainnya.

Kekalahan Malaysia dalam World Halal Travel Summit 2015 dinilai banyak pelaku industri kepariwisataan di Jakarta cukup mengejutkan. Pasalnya, Malaysia telah memiliki sejumlah program kepariwisataan muslim di Kuala Lumpur, dan secara rutin dikunjungi banyak wisman muslim dari Timur Tengah, sementara Indonesia belum memiliki kawasan wisata muslim, namun di beberapa daerah sejumlah hotel dan kawasan wisata telah menerapkan kepariwisataan syariah.

Tiga gelar terbaik yang diperoleh Indonesia dalam World Halal Travel Summit 2015 diperoleh Hotel Sopyan Betawi dan dua lainnya diperoleh kawasan wisata Lombok, NTB yang memang menerapkan pelayanan syariah kepada pengunjungnya. (Ami Herman)

Posting Terkait