Kepala Daerah Harus Tempatkan Pejabat Eselon Sesuai Basic Keilmuan

544 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mewanti-wanti Kepala Daerah agar dalam memilih atau menetapkan pejabat eselon disesuaikan dengan dasar (basic) keilmuannya untuk peningkatan kinerja Pemerintah agar dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Diakui Gamawan dari hasil pantauannya dibeberapa daerah banyak terjadi hal sebaliknya kental dengan nuansa nepotisme,”banyak saya temui pejabat tidak sesuai dengan keilmuan tidak sedikit dipilih atas dasar kedekatan bukan keahliannya,” ujar Gamawan saat memberikan pengarahan saat melantik HM Sani-HM Soerya Respationo SH MH sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau.

Dia menceritakan pengalamannya saat menjadi Gubernur Sumatra Barat. ”saya menemui seorang Kepala Dinas Pertambangan ternyata memiliki basic keilmuan Sasra, bagaimana ia dapat menganalisa dan memutuskan masalah pertambangan sementara ia tidak mengerti sama-sekali,” jelas Gamawan.

Hal itu menurutnya sangat berbahaya karena menyangkut dengan kinerja aparatur Pemerintahan yang saat ini sedang digesa pemaksimalannya oleh Departemen Dalam Negeri.

Menyikapi hal itu Gubernur Riau HM Rusli Zainal sangat menyambut positif namun menurutnya satuhal yang perlu dipertimbangkan yakni Kompetensi yang dimiliki oleh aparatur pemerintahan untuk menguasai bidang pekerjaannya.

”Sesuai dengan Intruksi Mendagri Gamawan Fauzy sebaiknya jabatan disesuaikan dengan Kopetensi Pejabat yang bersangkutan saya kira itu memang lebih baik, karena sesuai dengan keilmuannya,” ujar Gubri HM Rusli Zainal.

Namun menurutnya tidak tertutup kemungkinan seorang yang memiliki keilmuan berbeda dapat menjadi ahli dibidang lain karena ia memiliki kompetensi pada pekerjaan,”disamping Basic itu penting tetapi kompetensi untuk dapat menguasai suatu tugas itu juga sangat penting,” jelas Gubri

“Namun tidak dapat dipungkiri alangkah elegan dan baiknya jika tugas yang diberikan sesuai dengan basic keilmuan,” ujarnya lagi. Dijelaskan Gubri dalam melaksanakan sebuah pekerjaan kinerja menjadi ukuran utama oleh karena itu diharapkan kemampuan seseorang untuk memanage dan melaksananakan tugas sehingga tercapai indikator keberhasilan dari program yang dikerjakan.

Diakui Gubri aparatur Pemerintahan Provisni Riau saat ini ada beebrapa aparatur Pemerintahan dijajaran Pemprov Riau memiliki kemampuan sangat baik dalam hal kepemimpinan meskipun tidak memiliki basic dibidang itu. Seperti Jabatan Kadispenda Riau yang dipimpin oleh seorang sarjana Hukum sekaligus mencontohkan tidak jarang seorang Direktur Bank memiliki basic keilmuan dibidang teknik.

“Kompensi merupakan salah satu yang juga harus dipertimbangkan walaupun secara umum tugas dan tanggung jawab itu akan lebih baik jika sesuai dengan Backround bidang tugasnya,” imbuh Gubri lagi.(ad)

Posting Terkait