Kenaikan TDL, Masyarakat Tak Perlu Resah

576 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Adanya rencana pemerintah yang akan menaikan tarif dasar listrik (TDL) sebesar 10 persen mulai 1 Juli mendatang diharapkan tidak ditanggapi dengan keresahan. Sebab kenaikan TDL tersebut sudah melalui kajian para ahli energi dan pakar ekonomi.


Hal itu dikatakan Gubernur Riau HM Rusli Zainal kepada wartawan di Pekanbaru terkait akan dinaikkannya TDL mulai 1 Juli mendatang. Menurut dia, hasil kajian tersebut disimpulkan bahwa TDL harus naik untuk membantu pemerintah mengurangi beban subsidi listrik selama ini.

Dia menyebutkan, kenaikan TDL ini tidak diberlakukan di semua tingakatan masyarakat. Kenaikan hanya diberlakukan kepada masyarakat yang menggunakan daya listrik di atas 900 KWH yang kenaikannya sebesar 10 persen. Daya listrik 900 KWH ke atas ini dinikmati orang-orang mampu dan kalangan industri.

Gubri mengatakan, Pemprov Riau setuju TDL itu dinaikkan karena telah melewati proses panjang dan sepengetahuan DPR. “Kenaikan ini sudah melewati perhitungan yang matang, makanya kita harapkan masyarakat Riau tidak resah dengan rencana kenaikan ini,” jelas Gubri lagi.(ad)

Posting Terkait