Kenaikan Harga Sembako Masih Kategori Wajar

761 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Putusnya hubungan darat Riau-Sumbar akibat bencana longsor telah membuat harga sembako di Riau, khususnya Pekanbaru mengalami lonjakan. Namun lonjakan harga tersebut masih dalam batas wajar.

Kenaikan harga disebabkan sembako itu harus diangkut dari Sumbar ke Riau melalui jalur alternatif via Kiliran Jao yang jarak tempuhnya cukup jauh. Akibatnya biaya angkutannya menjadi makin besar, sehingga enaikan tersebut dikenakan pada harga sembako.

“Tapi sejauh ini dari hasil pemantauan kami, kenaikan harga sembako yang terjadi saat ini masih dalam batas-batas yang wajar,” ungkap Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Riau, Hamsani Rahman kepada wartawan di Pekanbaru.

Dia menyebutkan, meski harganya sedikit melonjak, namun stok sembako di Riau masih dalam kondisi stabil. Keterlambatan pengangkutan tersebut tidak mempengaruhi stoknya di Pekanbaru, terutama i kota Pekanbaru.

Disebutkannya lagi, kenaikan harga sembako saat ini sebesarnya bukan hanya disebabkan oleh bencana longsor itu saja, tapi juga disebabkan bertepatan dengan puasa dan jelang lebaran. “Hal-hal inilah yang membuat harga sembako melonjak,” tambahnya.(ad)

 

Posting Terkait