Kenaikan Harga Barang Harian di Riau Akan Jadi pemicu Inflasi

689 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Naiknya sejumlah barang kebutuhan sehari-hari masyarakat di Riau akhir-akhir ini diprediksikan bakal memicu terjadinya inflasi. Pihak Bank Indonesia Cabang Pekanbaru memperkirakan inflasi bulan ini akan lebih tinggi dibandingkan bulan lalu. 

Salah satu barang kebutuhan sehari-hari masyarakat yang mengalami harga yang cukup signifikan adalah gula pasir yang semula hanya sekitar Rp6.500 per kg, kini menjadi Rp8.500 hingga Rp 9.000 per kilogram. Kenaikan ini terjadi sejak beberapa hari terakhir.

“Selain gula pasir, sejumlah komoditi lainnya juga saat ini mengalami kenaikan. Hal ini akan menjadi pemicu terjadinya inflasi yang lebih tinggi lagi di daerah ini,” ungkap Peneliti Ekonomi Madya Bank Indonesia (BI) Pekanbaru, Muhammad Nur di Pekanbaru.

Dia menyebutkan, tekanan komoditas pada dua akhir pekan ini akan sangat mempengaruhi hsil akhir inflasi. Apalagi akhir-akhir ini ada kecenderungan kenaikan harga pada komoditas lain, terutama barang kebutuhan sehari-hari.

Hasil rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) beberapa waktu lalu telah direkomendasikan untuk segera mendistribusikan beras raskin. Sebab konsumsi beras raskin ini di Riau cukup besar sekitar 30 persen dari penduduk Riau.

Sedangkan rekomendasi lainnya adalah mengoptimalkan aturan pergudangan, yakni bagi setiap pemilik gudang barang harian diwajibkan melaporkan jumlah atau kondisi hudangnya. Ini untuk melihat gambaran ketersediaan barang, guna mengantisipasi spekulan.(ad)

 

Posting Terkait