Kementerian Pariwisata Dukung Borobudur Internasional 10K

1477 views

SONY DSC

JAKARTA (RiauInfo) – Kementerian Pariwisata mendukung Pemda Jateng yang akan menyelenggarakan even sport tourism Borobudur International 10K dan Half Marathon 2015. Kegiatan olahraga pariwisata itu akan dilangsungkan pada Minggu, 15 November 2015 di Taman Lumbini Komplek Candi Borobudur, Magelang.

Borobudur International 10K dan Half Marathon 2015 akan diikuti pelari dari dalam dan luar negeri. Pendaftaran peserta dimulai tanggal 1 Oktober sampai dengan 13 November 2015 atau maksimal sebanyak 16 ribu pendaftar, total hadiah yang disediakan panitia sebesar Rp 1,6 milyar dan akan ditingkatkan menjadi Rp 3 milyar dalam pelaksanaan tahun depan.

“Kami mendukung penyelenggaraan Borobudur Internasional 10K dan Half Marathon 2015 sebagai langkah nyata promosi pariwisata daerah Jateng terutama kawasan Borobudur sudah terkenal dengan keindahan alamnya serta keragaman budaya sebagai cagar budaya dunia,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya saat jumpa pers Borobudur 10K dan Half Marathon 2015 di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, Rabu (28 Oktober).

Menpar juga mengemukakan, dengan dukungan Borobudur 10K dan Half Marathon 2015, berarti semakin banyak saja dukungan untuk even pariwisata olahraga seperti Tour de Singkarak, Iron Man, Mandiri Jakarta Marathon atau MesaStila Chalenge Ultra, dimana daerah bisa mempromosikan destinasi atau produk produk yang dimiliki.

Wisata olahraga memang menjadi salah satu andalan untuk memenuhi target kunjungan wisatawan mancanegara, karena peserta akan membawa keluarga atau manajemennya, dan Provinsi Jateng yang memiliki daerah tujuan wisata beragam ingin berkontribusi untuk pencapaian target kunjungan wisman ke Indonesia.

Akses menuju Candi Borobudur dapat dilakukan melalui tiga bandara, yakni bandara Adi Sucipto, Yogyakarta, bandara Ahmad Yani, Semarang dan bandara Adi Sumarmo, Solo. Wisatawan lebih mudah melalui pintu masuk bandara Adi Sucipto dikarenakan ketersediaan kapasitas penerbangannya. Menurut data jumlah wisman dari bandara Adi Sucipto pada bulan Agustus 2015 mencapai 6.502 wisman, sementara total kunjungan wisman pada bulan Januari-Agustus 2015 mencapai 46.879 wisman. Untuk itu perlu dikembangkan lagi promosi yang lebih giat. (Ami Herman)

Posting Terkait