Kemenpar Sukses Promosikan Wonderful Indonesia di India

1044 views

PWI New Delhi India (2)JAKARTA (Riauinfo) – Dalam rangka mewujudkan target kedatangan wisman hingga mencapai 10 juta orang pada tahun ini, Kemenpar baru baru ini menggelar Promosi Wonderful Indonesia di India 2015. Promosi itu berujung sukses, ditandai dengan besarnya minat wisatawan dari India ingin melancong ke Indonesia dalam waktu dekat.

Kementerian Pariwisata menyelenggaran Promosi Wonderful Indonesia di New Delhi dari tanggal 30 Oktober – 1 November 2015. Tempat penyelenggaraan mengambil venue yang strategis, yaitu di Select City Mall, A-3, District Centre, Saket, New Delhi 110017. Tempat itu adalah lokasi paling diminati bagi kaum muda, orang tua dan anak-anak di New Delhi.

Untuk lebih mengenalkan Indonesia, Kementerian Pariwisata mengemas promosi Wonderful Indonesia dengan berbagai strategi agar dapat menarik tamu/pengunjung. Mall yang terpilih adalah salah satu mall paling besar di New delhi, pengunjungnya dari tingkatan ekonomi menengah ke atas. Jumlah pengunjung pada saat acara ini berlangsung, rata-rata perhari 3.000 s.d 3.500.

Untuk menarik calon wisatawan dan pengunjung, kegiatan ini memiliki beberapa promosi strategis seperti mempromosikan Branding “Wonderful Indonesia” melalui brosur, VCD, map, kaos, payung, topi, handuk, goody bag dll, dan menampilkan berbagai macam kesenian dan pesona budaya tradisional Indonesia dimana diharapkan mampu menggaungkan makna “Wonderful Indonesia” ke setiap mata pengunjung, yaitu dengan menampilkan kenenian, Tari Lenso, Tari Cendrawasih dari Bali, Tari Njot-njotan dari Betawi, dan Malang Carnival, juga ada permainan/Games, photo session, dan coffee tasting.

Dengan menerapkan strategi promosi itu, pihak Humas Kemenpar dalam siaran persnya yang diterima Riau Info kemarin menyebutkan, pengunjung sangat antusias mengikuti acara demi acara, dan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat-tempat wisata yang dipandang menarik buat masyarakat new Delhi, apalagi dengan kebijakan Pemerintah Indonesia menambah kembali negara-negara yang menerima fasilitas Bebas Visa Kunjungan Singkat (BVKS).

Melalui Peraturan Presiden No. 104 Tahun 2015 pada tanggal 23 September 2015 mengenai fasilitas Bebas Visa Kunjungan Singkat (BVKS), Indonesia menambah 45 negara masuk di dalam daftar fasilitasi tersebut. Kini ada 90 negara yang diberikan fasilitasi tersebut, termasuk India.

Dengan kebijakan bebas visa itu pemerintah Indonesia juga mendorong 3 Greaters seperti Great Bali, Jakarta dan Batam. Great Bali terdiri dari : Surabaya, Banyuwangi, Bali, Lombok, dan Kepulauan Komodo. Great Jakarta terdiri dari : Jakarta, Bandung, Puncak, Bogor, dan Banten.Great Batam terdiri dari : Riau Batam, Bintan dan Kepulauan Riau.

Apalagi pada akhir-akhir ini Indonesia mendapat penghargaan sebagai World’s Best Halal Tourism Destination (Lombok), World’s Best Halal Honeymoon Destination (Lombok), dan World’s Best Family Friendly Hotel (Sofyan Hotel). Penghargaan ini akan dijadikan rekomendasi bagi calon wisatawan yang akan mengisi liburannya ke Indonesia. (Ami Herman)

Posting Terkait