Kemenpar Promosikan Wonderful Indonesia di Singapore

884 views

spore1JAKARTA (RiauInfo) – Dalam rangka memperkenalkan potensi wisata Indonesia ke dunia internasional, Kementerian Pariwisata menyelenggarakan Promosi Wonderful Indonesia, pada 6 – 8 November 2015 di West Gate Shopping Mall, Jurong East, Singapura. Melalui event yang dilangsungkan Minggu lalu itu, berbagai produk pariwisata Indonesia seperti; wisata alam (nature), budaya (culture), dan buatan manusia (man-made) diperkenalkan.

Pihak Humas Kemenpar dalam siaran persnya yang diterima Riau Info di Jakarta kemarin menyebutkan untuk menarik banyak pengunjung di West Gate Shopping Malla, paviliun Indonesia dibangun dengan konsep menarik yaitu tradisional – kontemporer bertema Bali. Dari kejauhan, para penari berpakaian baju adat mengarahkan pengunjung memasuki gapura Bali dengan payungnya yang khas.

Memasuki ke bagian dalam paviliun yang lapang, pengunjung dapat mendatangi counter-counter informasi pariwisata, travel agent, dan coffe corner, dengan sentuhan kursi-meja kayu tradisional dalam suasana bale-bale dengan pemandangan sawah terasiring layaknya Ubud. Mengikuti setapak, pengunjung dapat melihat box-boxdisplay dengan memamerkan properti tradisional Bali, seperti permainan tradisional, alat makan, wayang golek, kain, topeng Bali, dan patung Garuda Wisnu Kencana, masing-masing komplit dengan testimoni edukatif.

Berbagai pertunjukan budaya juga ditampilkan seperti tari tradisional, fashion show batik oleh IWP, duet permainan Sasando dengan violin, demonstrasi batik, serta permainan anak, yang ditampilkan secara silih berganti. Sejumlah tarian tradisional juga mendapatkan apresiasi dari pengunjung seperti; Cendrawasih – Bali, Lenggang Nyai – Betawi, Marpangir – Batak, Lenso – Manado, Dadas Penaluh – Dayak, Bajidor – Jawa Timur.

Antusiasme pengunjung semakin besar, ketika kopi-kopi nusantara dibagikan kepada pengunjung yang mengisi survey online. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat memperoleh souvenir hanya dengan mengunggah foto aktivitasnya di Paviliun Indonesia ke media sosial, selanjutnya berkesempatan untuk mendapat lucky draw berhadiah paket wisata liburan ke Indonesia.

Berbagai upaya dilakukan untuk memperkenalkan Indonesia di event Promosi Wonderful Indonesia. Di antaranya; dengan mempromosikan dan melakukan pelayanan informasi destinasi wisata Indonesia untuk menciptakan public awareness, menjadikan kesenian dan kebudayaan Indonesia sebagai alat diplomasi dalam rangka mempromosikan Indonesia sebagai destinasi wisata, dan semakin mempromosikan destinasi wisata Indonesia dan produk-produknya seperti Hotel, paket perjalanan wisata, rumah makan, dan spa.

Dipilihnya Singapura sebagai tempat Promosi Wonderful Indonesia bukan tanpa alasan. Sebagaimana diketahui bahwa target kunjungan wisman ke Indonesia tahun 2015 sebanyak 10 juta orang, dengan Singapura, Malaysia, China, Australia dan Jepang sebagai 5 (lima) negara penyumbang jumlah kedatangan wisman ke Indonesia terbanyak. Dengan begitu, Singapura merupakan negara dengan potensi terbesar dalam menjaring wisman yang datang ke Indonesia.

Sebagai negara tujuan wisata, Singapura juga merupakan negara “hub” dalam jaringan transportasi internasional. Hal ini menyebabkan wisatawan dari berbagai negara menyempatkan tinggal untuk menikmati sarana dan prasarana di Singapura. Tentunya, Promosi Wonderful Indonesia di Singapura diuntungkan dengan adanya kesempatan untuk memperkenalkan potensi pariwisata bukan hanya pada wisatawan Singapura, tapi juga wisatawan dari berbagai negara.

Peningkatanminat masyarakat terhadap destinasi wisatadiseluruh dunia menyebabkan pariwisata menjadi sektor penting dalam meningkatkan pendapatan,menciptakan lapangan kerja, dan pembangunan infrastruktur nasional. Sektor pariwisata mengalami diversifikasi dan ekspansi menjadi salah satu sektorekonomi dengan pertumbuhan terbesar.

Pemerintah Indonesia juga telah menetapkan 6 target utama periode 2014-2019 di sektor pariwisata:
1. Meningkatkan kontribusi GDP dari 9 % menjadi 15%
2. Meningkatkan pendapatan dari pertukaran mata uang dari USD 10 milyar menjadi USD 20 milyar.
3. Meningkatkan kontribusi lapangan pekerjaan dari 11 milyar ke13 milyar.
4. Meningkatkan Indeks Kompetitif Pariwisata (WEF) dari 70th ke 30th
5. Meningkatkan kedatangan turis internasional dari 9,4milyar ke 20 milyar
6. Meningkatkan perjalanan wisata domestik dari 250 milyar ke 275 milyar.

Menyadari terdapat banyak tantangan dalam mencapai target besar di atas, Pemerintah Indonesia pun menetapkan sektor pariwisata sebagai salah satu prioritas utama dalam pembangunan nasional. Dalam lingkup strategis yang lebih luas, Promosi Wonderful Indonesia ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan asing, baik wisatawan Singapura maupun negara lainnya. (Ami Herman)

Posting Terkait