KEMBALI DUA ARAH Pedagang Jalan Ahmad Yani Tersenyum Kembali

606 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Para pedagang yang ada di jalan Ahmad Yani, kini sudah bisa tersenyum. Pasalnya, jika saat pemberlakukan jalan satu arah mengalami penurunan omset hingga 20 sampai dengan 80 persen, kini mulai normal seperti dulu.

Meski diantara pedagang ada yang mengatakan hanya ada kenaikan sedikit jika dibandingkan saat diberlakukan satu arah, itu karena sepekan terakhir bertepatan hari libur. Hal itu dibuktikan, saat liburan telah usai, dan tepatnya hari ini Senin (5/1), mulai menampakan kemajuan, ujar Abdullah Salam, pimpinan rumah makan Simpang Raya yang ada di jalan Ahmad Yani.

Kembalinya jalan tersebut seperti sedia kala, sangat disambut gembira oleh para pedagang yang ada di jalan yang dulunya dikenal dengan nama jalan Bangkinang.Bahkan mereka mengharapkan kepada pemerintah Kota Pekanbaru, untuk tetap mempertahankan dua arah tersebut. Sebab katanya, hal ini demi keberlangsungan usaha dan ratusan karyawan yang bekerja diberbagai sektor.

Menurut Mery, pedagang buah-buahan yang mengaku sudah membuka usahanya sejak puluhan tahun lalu, selama ini, dirinya harus menanggung kerugian karena menurunnya omset penjualan. Hal itu telah dirasakan sejak diberlakkannya jaan Ahmad Yani menjadi satu arah, beberapa waktu lalu.

Tidak tanggung-tanggung, penurunan omset saat itu mencapai 75 persen, ujarnya.

“Sejak 50 tahun keberadaan para pedagang di daerah ini, belum pernah mengalami nasib seperti ini, penjualan menurun sampai 75 persen. Kami dari kalangan pedagang, sangat merasakan akibat dari kebijakan satu arah tersebut,” katanya.

Ditempat terpisah, juga dikemukakan oleh pemilik toko Sembako, Muja Wani. Menurutnya, setelah sebelumnnya sempat merasakan hari-hari sulit, kini usaha sudah nampak bergairah. Bahkan dalam beberap hari terakhir, sudah mendekati penghasilan normal seperti saat sebelum diberlakukannya jalan Ahmad Yani menjadi satu arah.

Menurut beberapa pedagang yang dulunya banyak mengeluhkan tentang penurunan omset mereka, sangat menyambut atas dikembalikannya jalan Ahmad Yani menjadi dua arah kembali.

Sementara disisi lain, dari pantauan Riau Info di lapangan, pasca diberlakukannnya kembali jalan Ahmad Yani menjadi dua arah nyaris tidak ada perbedaan darisebelumnya. Sepekan terakhir setelah diberlakukan dua arah, terlihat normal karena sekolah Santa Maria libur. Kini, hari pertama sekolah itu kembali

memulai proses belajar mengajar, kembali macet, umumnya saat jam masuk dan keluar sekolah.(muchtiar)

Posting Terkait