Kemacetan di Pekanbaru Masih Biasa-Biasa Saja

763 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Terkait dengan cukup tingginya tingkat kemacetan lalu lintas yang ada di Kota Pekanbaru belakangan ini, menurut Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi MSi masih pada tarap kewajaran, mengingat kemacetan tersebut hanya pada jam kantor yang bersamaan anak sekolah masuk, begitu juga pada sore harinya.

Hal ini dikatakannya di ruang kerja Balai Payung Sekaki Pekanbaru. Menurut Ayat, hal ini bisa dilihat dari beberapa titik seperti jalan Ahmad Yani sekitar sekolah Santa Maria.

Jalan ini disesaki para kenderaan yang saling membunyikan klakson karena macet, khususnya saat anak sekolah masuk pulang yang juga bersamaan jam kerja pulang. Tapi kalau diluar itu, keadaan normal.

Hal yang sama juga ditemui ditempat-tempat padat perkantoran. Artinya, tingkat kemacetan Kota Pekanbaru masih terbilang normal. Meski demikian, Ayat mengakui bahwa penyebab lainnya adalah karena bertambahnya penduduk dan tingkat ekonomi sehingga kenderaan di jalan raya terus mengalami perbertambahan.

Untuk itu kata wakil DPRD dari PKS ini, tentunya ke depan pemerintah kota harus memikirkan jangka panjang, seperti melakukan pelebaran jalan atau membangun jalan baru yang lebih lebar, agar kapasitas daya tampung kenderaan bisa diatasi.

Selain itu, pemerintah kota juga harus mengawasai tertumpunya pembangunan di pusat kota serta membangun pasilitas daerah pinggiran agar penyebaran pembangunan bisa dilaksanakan. Jika hal ini bisa dilaksanakan, Ayat yakin, kemacetan jalan raya bisa dihindari hingga tahun ke depan.(muchtiar)

 

Posting Terkait