Kelangkaan Gas Elpiji Akan Makin Mencekik Warga

PEKANBARU (RiauInfo) – Tampaknya pemerintah dan Pertamina makin parah saja mencekik rakyat. Buktinya setelah jatah minyak tanah dikurangi secara nasional, kini Pertamina berencana mengurangi pasokan gas elpiji untuk Pekanbaru. 

Dipastikan April mendatang pasokan gas elpiji untuk masyarakat Pekanbaru akan dikurangi 16 persen. Ini berarti masyarakat Pekanbaru harus bersiap-siap menghadapi kelangkaan gas elpiji tersebut sekaligus bersiap-siap menghadapi kenaikan harganya.

Soalnya pengurangan pasokan gas elpiji tersebut tentunya akan dimanfaatkan pihak pedagang untuk menimbunnya dengan harapan harga akan naik. Bila ini terjadi maka masyarakat akan makin kelimpungan mencari bahan bakar untuk kebutuhan rumah tangga itu.

Nuraini, asisten office PT Indah Pusaka Mandiri, salah satu agen elpiji di Pekanbaru mengaku akan adanya pengurangan pasokan gas elpiji tersebut. “Memang benar, akan ada pengurangan pasokan sebesar 11 persen,” jelasnya.

Pengurangan pasokan tersebut dipastikan akan menyebabkan gas elpiji akan langka di Pekanbaru. Soalnya selama ini masyarakat sudah banyak menggunakan gas elpiji sebagai akibat semakin langkanya minyak tanah.

“Biasanya kalau terjadi kelangkaan maka akan terjadi kenaikan harga elpiji,” ujarnya. Sekarang ini harga gas elpi8ji Rp51 ribu per tabung, nanti tentunya akan naik menjadi Rp60 ribu atau Rp65 ribu per tabung.(Ad)

 

Rizki: